Pengusaha Kuliner di SWK Surabaya meningkatkan kualitas menu dan dilatih oleh chef - WisataHits
Jawa Timur

Pengusaha Kuliner di SWK Surabaya meningkatkan kualitas menu dan dilatih oleh chef

Wartawan Jaringan Tribun Jatim, Bobby

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya memberikan pelatihan produksi pangan bagi para pedagang.

Tidak main-main, pemerintah kota membawa sekelompok koki bersama mereka. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas makanan bagi mereka yang membuka gerai di Pusat Wisata Kuliner (SWK).

Pelatihan tersebut telah dilaksanakan sejak Maret 2022. Kegiatan ini menyasar ratusan pelaku ekonomi di 12 SWK se-Surabaya.

“Kami perkenalkan dari Ikatan Koki Indonesia dan salah satu produsen bahan masakan untuk melatih para pelaku ekonomi di SWK. Ini rutin setiap bulan,” kata Risdiana Kusumawati, Kepala Bidang Promosi Usaha Mikro Dinas Perdagangan dan Koperasi Kota Surabaya, Senin (10/10/2022).

Pelaku kuliner di SWK mendapatkan pelatihan pengolahan masakan kekinian. Mulai dari pembuatan hingga penyajian.

“Setelah masak, (makanannya) diperbaiki. Mereka belajar bagaimana melayani dengan benar dan hal-hal seperti itu,” kata Risdiana.

Pedagang juga diajari cara menyusun menu minuman modern. Semoga hal ini dapat menarik minat masyarakat, khususnya anak muda.

Menurut Risdiana, pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas menu. Sehingga hal ini akan berdampak pada peningkatan penjualan.

“Setiap bulan kita evaluasi. Berdasarkan penjualan, sarana dan prasarana perlu ditingkatkan, serta minat kunjungan masyarakat,” kata Rusdiana.

Saat ini total ada 49 SWK di Surabaya yang dikelola oleh pemerintah kota. ‘Rata-rata ada 12-20 pelaku ekonomi di setiap SWK,’ jelasnya.

Untuk mendatangkan pengunjung ke SWK, Pemprov DKI juga membenahi fasilitas. Misalnya penambahan rambu-rambu jalan dan perbaikan sarana prasarana lainnya.

“Sesuai dengan harapan Walikota (Eri Cahyadi), SWK merupakan peluang untuk meningkatkan perekonomian nasional. Oleh karena itu, lokasi dan kualitas makanan didesain nyaman dan kekinian, sehingga permintaan SWK semakin meningkat,” pungkasnya.

Source: jatim.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button