Kamabida Khofifah Memberhentikan Kontingen Pramuka Jatim Jambore Nasional XI - WisataHits
Jawa Timur

Kamabida Khofifah Memberhentikan Kontingen Pramuka Jatim Jambore Nasional XI

Khofifah : Membawa harum nama Bumi Majapahit

Rabu 03 Agustus 2022 : 21:56:24


Khofifah, Ketua Dewan Pertimbangan Daerah (Kamabida) Pramuka Jawa Timur melepas kontingen Pramuka Jatim peserta Jamnas XI di halaman Gedung Negara Grhadi (Foto: IN/tudji)

berita INFO.id | Surabaya – Khofifah, Ketua Dewan Pertimbangan Daerah (Kamabida) Kwarda Pramuka Jatim memberhentikan kontingen Pramuka Jatim yang mengikuti Jambore Nasional XI (Jamnas XI), prosesi berlangsung pada Rabu (3/8/2022), sore.

Khofifah Indar Parawansa yang juga Gubernur Jawa Timur menyampaikan pesan khusus. Dikatakan, proses mengikuti Jamnas merupakan sesuatu yang berharga, kontingen Pramuka Jatim bisa saling mengenal antar peserta dari seluruh Indonesia.

Diumumkan pula bahwa para peserta harus membawa nama baik Bumi Majapahit dalam silaturahmi anggota Pramuka se-Indonesia.

Ajang nasional yang mempertemukan Pramuka se-Indonesia ini digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jawa Barat. Selama seminggu dari tanggal 14 hingga 21 Agustus 2022.

“Ini adalah kesempatan berharga bagi peserta yang menghadiri acara nasional ini untuk merasakan Indonesia yang sebenarnya. Kontingen Pramuka dari Jatim bisa saling mengenal antar peserta dari seluruh Indonesia,” ujar Kakak Khofifah.

Dalam pesan selanjutnya, peserta Jambore dari Jawa Timur menyampaikan misi kemanusiaan, persaudaraan, perdamaian dan gotong royong.

Bawa harum nama Jawa Timur, bawa harum tanah Majapahit, kata Kamabida Khofifah.

Khofifah menyebutkan, Jamnas menjadi ajang pertemuan anggota Pramuka dari seluruh Indonesia bahkan perwakilan dari berbagai negara.

Perkenalkan ini pesan dari Bumi Majapahit bahwa kita adalah Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa, katanya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, respon Majapahit akan menjadi bagian dari penguatan kehadiran kontingen Pramuka Jatim pada Jambore Nasional.

“Lakukan yang terbaik untuk negeri ini, lakukan yang terbaik untuk kemajuan Pandu di Indonesia,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan rasa bangganya di depan para pemain, pelatih, dan asisten yang dipromosikan. Menurutnya, sebagai anggota Pramuka patut bangga bisa mengikuti Jamnas. Ini adalah kesempatan yang sangat berharga untuk mengenal Indonesia yang sebenarnya selain menambah wawasan dan pemahaman tentang Bhinneka.

“Indonesia terdiri dari berbagai suku, adat budaya, bahasa dan agama. Oleh karena itu, mulai sekarang kita harus membangun sikap saling menghormati, menghargai dan saling mencari titik temu. Saling mengenal tentang Indonesia yang sebenarnya.”

“Jika kita mencari persamaan pada saat yang sama, kita dapat mengurangi perbedaan. Sedangkan perbedaan merupakan kekuatan yang membentuk kekuatan persatuan dan pemelihara NKRI,” ujarnya.

Khofifah menitipkan seluruh peserta Jamnas kepada ketua Kontingen Jatim. Dan semua pelatih dan asisten diminta untuk menjaga peserta dengan baik.

“Bawa harum nama Jawa Timur, bawa harum tanah Majapahit mengajarkan betapa Bhinneka adalah kekuatan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Selain berpamitan kepada para peserta, Kakak Khofifah juga berharap dan berdoa agar para peserta dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

“Selamat tinggal, Salam Optimis, Salam Pramuka. Ada satu hal lagi, Salam Pancasila. Ketika saya mengucapkan Salam Pancasila, dia menjawab sambil mengangkat tangan dan juga mengucapkan Salam Pancasila,” teriak Kakak Khofifah yang diikuti seluruh peserta jambore serentak.

“Bismillahirrahmanirrahim, saya resmi meninggalkan kontingen Pramuka Jatim untuk mengikuti Jambore Nasional XI,” ujarnya. (info/tji/merah)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemberi komentar, sebagaimana diatur dalam UU ITE

Source: infonews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button