Pengunjung Festival JKCI Luar Negeri kagum dengan Museum Tembakau Jember - WisataHits
Jawa Timur

Pengunjung Festival JKCI Luar Negeri kagum dengan Museum Tembakau Jember

Jember, Jawa Timur (ANTARA) – Sejumlah peserta dari luar negeri dalam Festival Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI) mengagumi museum tembakau UPT Lembaga Tembakau Pengujian Sertifikasi Mutu Barang (PSMB) di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Ratusan peserta Festival JKCI dari dalam dan luar negeri diundang untuk belajar sejarah dan mengenal tembakau dengan mengunjungi Museum Tembakau di Kabupaten Jember pada Sabtu.

“Ini kunjungan pertama saya ke Jember dan saya baru tahu ada museum tembakau di sini. Bagi saya museum ini sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi pecinta cerutu dan tembakau,” kata Norberto Rodriguez, salah satu peserta acara. JKCI Festival Spanyol.

Ia mengaku senang bisa mengunjungi tempat-tempat baru seperti Museum Tembakau yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya dan dapat belajar banyak tentang berbagai jenis tembakau dan manfaatnya.

“Saya berharap Festival Jember Kota Cerutu Indonesia dapat terus diadakan setiap tahun dan lebih banyak tamu dari luar negeri akan mengunjungi berbagai wisata tembakau termasuk Museum Tembakau,” katanya.

Para peserta Festival JKCI dari Perancis juga tampak terpesona melihat berbagai jenis daun tembakau dan miniatur tempat jemur tembakau di Museum Tembakau, bahkan beberapa kali peserta banyak bertanya tentang beberapa benda yang dipajang di museum.

Sementara itu, Abdiel Popang, Kepala UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang (PSMB) Institut Tembakau Jember, mengatakan pengunjung bisa mempelajari sejarah dunia tembakau dan masuk ke Kabupaten Jember di Museum Tembakau di Indonesia.

“Selain itu, proses pengolahan dan penganekaragaman produk tembakau juga dihadirkan di museum, sehingga masyarakat dapat belajar tentang produk tembakau selain rokok dan cerutu, seperti briket, minyak atsiri yang dapat digunakan oleh industri kecantikan, dan sabun. ” dia berkata.

Selama ini, lanjutnya, belum tersosialisasikan turunan tembakau karena hanya terlihat pada produk rokok yang menjadi fokus dunia kesehatan, padahal tembakau juga bermanfaat bagi masyarakat melalui turunannya.

Saat ini tembakau juga menjadi salah satu motif kain tie dye yang menjadi andalan Kabupaten Jember, sehingga tie dye motif daun tembakau juga dipajang di Museum Tembakau Jember.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button