Pengunjung cilik MIBARA TBM RUMAN Aceh menghasilkan novel - WisataHits
Jawa Barat

Pengunjung cilik MIBARA TBM RUMAN Aceh menghasilkan novel

BANDAACEH (Perhatian): Faizah Adila Husna Dalimunthe, pengunjung cilik Taman Bacaan Masyarakat (TBM) RUMAN Aceh wisata buku gratis MIBARA (Masyarakat Baca Mingguan), telah menyunting karya tulis berupa novel berjudul “Aurora’s Tales” karya DAR!Mizan, Bandung, November 2022 dalam serial KKPK (Kecil-Kecil Berkarya).

Hal itu disampaikan Devi Damayanti Pasaribu, ibunda Faizah, pendiri sekaligus ketua Rumah Baca (RUMAN) TBM Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh, Ahmad Arif pada Rabu (30/11/2022) melalui pesan aplikasi Messenger kemudian dilanjutkan di WhatsApp. Devi dan keluarganya pindah dari Banda Aceh ke Pekan Baru, Riau saat Faizah duduk di bangku kelas 4 SD.
“Kami mengirim naskah Faizah di akhir kelas 5 SD. Karena pandemi, proses rilis telah tertunda. Sekarang Faizah duduk di bangku kelas 1 SMP. Sebagai orang tua, kami sangat senang dan bangga melihat kemampuan literasi Faizah dari masa ke masa,” ujar Devi.

Selama tinggal di Banda Aceh, lanjut Devi, Faizah yang duduk di bangku kelas 1 hingga kelas 3 SD selalu menjadi pengunjung rutin setiap edisi MIBARA di lapangan Blang Padang Banda Aceh. Setiap minggu, Faizah meminjam berbagai bahan bacaan yang akan sangat membantunya berkreasi di masa depan.
“Bagi kami, MIBARA merupakan perpustakaan dengan nuansa alam yang sangat unik yang menarik perhatian banyak orang untuk dikunjungi. Sistemnya sangat welcome (bersahabat) dan membuat pengunjung berkomitmen untuk datang ke setiap edisinya,” tambah Devi.
Faizah menimpali, “Sudah lama saya sangat menikmati membalik halaman buku, dari komik hingga novel. Hobi ini semakin bertambah ketika ayah dan ibu saya mengajak saya menghadiri MIBARA, yang kemudian menjadi acara akhir pekan yang paling dinantikan.”

Sementara Ahmad Arif juga mengungkapkan kegembiraannya atas kabar baik dari keluarga Faizah. Pihaknya semakin yakin bahwa karya peradaban dan peradaban membutuhkan daya tahan dari para penggiatnya. Konsistensi adalah kuncinya.
“Terima kasih kepada anak Faizah. Kami senang dengan penerbitan novelnya. Hal ini semakin menyemangati kami bahwa di bidang literasi tidak bisa bekerja dalam waktu singkat atau hanya bermain-main dengan angka. Hal ini diperlukan bagi para aktivis yang memiliki daya tahan. Ihsan dan Istiqamah, itu konsep agama kita,” kata Arif.

Sebagai informasi, kata Arif, MIBARA diluncurkan pada 18 Mei 2014 dari TBM RUMAN Aceh. Hingga Minggu (27/11/2022) telah dilakukan sebanyak 254 kali. Selain gratis membaca di tempat, setiap pengunjung juga disuguhi kemudahan meminjam hingga lima judul buku tanpa kartu anggota dan tanpa denda. Saling percaya, jujur, dan bertanggung jawab adalah kartu truf.(b02)

IMG 20221130WA0220

Foto:
Faizah, pengunjung tetap MIBARA dari kelas 1 hingga 3, mengantarkan novelnya Rabu (30/11/22) di rumahnya di Pekanbaru, Riau. (alarm/aktual)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button