Pengguna Media Sosial di Kabupaten Malang Beralih ke TikTok Didominasi Gen Z - WisataHits
Jawa Timur

Pengguna Media Sosial di Kabupaten Malang Beralih ke TikTok Didominasi Gen Z

Pengguna Media Sosial di Kabupaten Malang Beralih ke TikTok Didominasi Gen Z

WAKTU JATIM – Pengguna Media Sosial (Medsos) di Kabupaten Malang sudah mulai beralih ke TikTok. Data Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang menyebutkan, rata-rata pengguna media sosial yang mulai migrasi ke TikTok dalam kutipan didominasi oleh Gen Z.

“(Pengguna) media sosial di Kabupaten Malang khususnya generasi milenial banyak menggunakan Instagram dan Facebook. Tapi sekarang mereka juga beralih ke TikTok,” kata Ketua Discominfo Kabupaten Malang Ricky Meinardhy kepada Jatim Times.

Baca Juga: Disparbud Akan Genjot Promosi Pariwisata yang Dikembangkan Pemdes dan Dongkrak Perekonomian

Meski menyebut tren di Kabupaten Malang mulai merambah ke TikTok saat ini, Ricky belum bisa menjelaskan jumlah pasti pengguna media sosial termasuk TikTok di Kabupaten Malang. Namun, secara umum pengguna media sosial TikTok di Kabupaten Malang didominasi oleh Gen Z.

“Khususnya generasi sekitar, sebut saja Generasi Z yaitu anak SD dan SMP yang sudah familiar dengan Instagram dan TikTok dan sudah menggunakannya,” jelasnya.

Mengacu pada Wikipedia, Generation Theory oleh Graeme Codrington dan Sue Grant-Marshall, Penguin, (2004). Generasi orang dibagi menjadi lima berdasarkan tahun kelahiran.

Deskripsinya, Generasi Baby Boomer, lahir 1946-1964; Generasi X, lahir 1965-1979; Generasi Y, lahir 1980-1995, juga sering disebut sebagai Generasi Milenial; Generasi Z, lahir 1996-2009, disebut juga iGeneration, GenerasiNet, Generasi Internet. Yang kelima kemudian adalah generasi Alpha yang dimulai pada tahun 2010. Namun, akhir dari generasi tersebut masih belum jelas, terutama untuk generasi alpha, dan belum ditentukan.

Baca Juga: Didominasi Sektor UMKM, Pedagang QRIS di Wilker BI Malang Tumbuh 48,53 Persen

“Kebiasaannya sudah mulai ke TikTok, itu (data) sudah mulai kejar. Data di Indonesia, untuk Instagram ada sekitar 99,9 juta (pengguna), Tiktok 99,1 juta,” jelas Ricky.

Seperti diketahui, Ricky menjelaskan, ada 99,9 juta pengguna media sosial Instagram di Indonesia. TikTok 99,1 juta. Saat ini ada sekitar 202 juta pengguna Facebook di Indonesia. “Kebanyakan masih Facebook karena mereka mulai lebih awal,” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button