Pengembangan Pariwisata di Jawa Barat sebesar 5A - WisataHits
Jawa Barat

Pengembangan Pariwisata di Jawa Barat sebesar 5A

PORTAL JABAR, CAB. BANDING BARAT – Pariwisata merupakan sektor terpenting dalam pembangunan daerah, selain sebagai mesin penggerak kegiatan ekonomi, pariwisata merupakan salah satu sumber pendapatan daerah. Jawa Barat memiliki keunggulan komparatif berupa potensi wisata dan budaya yang sangat besar dan beragam, baik wisata alam maupun buatan, budaya dan kreatif.

Untuk menuntaskan cita-cita Program Prioritas Pembangunan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dilaksanakan pada akhir masa jabatan tahun 2023, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat berperan sangat strategis dalam mewujudkan visi dan Misi memenangkan Jawa Barat. diantaranya : Juara Pariwisata, Juara Industri Kreatif dan Juara Budaya.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar pada Rapat Koordinasi Kabupaten dan Kota Jabar 2022 di Hotel Mason Pine, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (20/10/2022).

Menurut Benny, untuk mencapai tujuan tersebut, pada tahun 2022 dan 2023 akan ada program strategis ke depan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, melestarikan budaya dan meningkatkan perekonomian masyarakat, yaitu: Pengembangan pusat budaya di kabupaten/kota; Pengembangan destinasi wisata di kabupaten/kota.

“Pengembangan Desa Kreatif di Kabupaten/Kota dan Showcase dan Master Class Pengembangan Kuliner Kreatif di Kabupaten/Kota di Jawa Barat,” kata Benny.

Benny menegaskan, Jawa Barat selain sektor pariwisata juga memiliki potensi seni dan budaya lokal yang beragam dan menarik yang perlu dilestarikan dan dikembangkan.

“Seni dan budaya juga berfungsi sebagai ‘daya tarik wisata’. Seni dan budaya Jawa Barat harus menjadi aset yang luar biasa dan bisa menyatu dengan sektor pariwisata agar bisa dinikmati oleh berbagai kalangan,” ujarnya.

Benny menambahkan, untuk mengefektifkan pengembangan dan pengelompokan seni budaya di Jabar, perlu dibuat relung-relung pengembangan dan pelestarian seni budaya sebagai salah satu tujuan kunjungan wisatawan dengan membangun pusat budaya. Agar seni budaya juga bisa dibudayakan, kelestariannya juga bisa menjadi daya tarik wisata.

“Dalam pelaksanaannya, saat ini kita harus bersama-sama mengakui bahwa pengembangan pariwisata khususnya penerapan 5a yaitu aksesibilitas, akomodasi, atraksi, aktivitas dan fasilitas di setiap daya tarik wisata di kabupaten/kota harus ditingkatkan,” katanya. benny

“Sementara, persoalan seni budaya yang harus menjadi perhatian kita bersama adalah minimnya ekspresi dan lemahnya upaya konservasi. Dalam upaya mewujudkan Jabar sebagai provinsi pariwisata diperlukan kerja sama, koordinasi dan sinergi di bidang pariwisata dan budaya baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi Jabar,” imbuhnya.

Benny menjelaskan, menggelar rakor kabupaten dan kota se-Jawa Barat tahun 2022 ini merupakan media silaturahim dan sinergitas Program Pengembangan Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, yang diharapkan menjadi media strategis untuk mewujudkan pariwisata juara akan industri peraih kreativitas. dan budaya pemenang.

Editor: REPUTASI. TIDAK

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button