Jokowi Naikkan BBM, Bima Arya Siapkan Kesejahteraan Rp 4,6 Miliar untuk Pengemudi Angkot dan Ojek Online - WisataHits
Jawa Barat

Jokowi Naikkan BBM, Bima Arya Siapkan Kesejahteraan Rp 4,6 Miliar untuk Pengemudi Angkot dan Ojek Online

TEMPO.CO, jakarta – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengalokasikan Rp 4,6 miliar dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk keperluan Bantuan Sosial (Bansos) bagi masyarakat yang terkena dampak kenaikan harga BBM.

Bima Arya mengatakan, sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada pemerintah daerah, ada dua sumber pendanaan yang bisa digunakan untuk mengurangi beban masyarakat akibat kenaikan harga BBM.

“Yang diperintahkan Mendagri kepada pemerintah negara, pertama, alokasi BTT juga bisa digunakan untuk memberikan bantuan sosial, nanti kita rumuskan seberapa tinggi dan di mana targetnya. pemerintah negara bagian, 2 persen dari DAU yang ditetapkan,” kata Bima, seperti dikutip Antara, Senin, 5 September 2022.

Bima menjelaskan, dana BTT Pemkot Bogor belum menentukan besaran anggaran dan siapa yang bisa menerimanya, sedangkan dana DAU untuk sopir angkutan umum (Angkot) untuk tiga bulan sisanya sebesar Rp 4,6 miliar, ojek online dan ojek online. UMKM.

Terkait mekanisme penyaluran bansos, Bima mengatakan Pemkot Bogor masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat.

Pemerintah daerah diminta menggunakan dua persen dari dana transfer umum, yaitu Dana Alokasi Umum dan Dana Bagi Hasil, sebesar Rp 2,17 triliun. Bantuan tersebut dimaksudkan untuk membantu sektor transportasi, seperti angkutan umum, ojek, nelayan dan dukungan perlindungan sosial tambahan.

Presiden Jokowi menaikkan harga BBM pertalite Pertamina menjadi Rp 10.000 per liter dari Rp 7.650 per liter.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta pada Sabtu, 3 September 2022, pemerintah juga menaikkan harga BBM bersubsidi untuk solar dari Rs.5.150 per liter menjadi Rs.6.800 per liter. .

Kemudian, untuk BBM nonsubsidi, pemerintah menaikkan harga Pertamax dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter.

Baca Juga: Massa Partai Buruh Mulai Berbondong-bondong Di Luar DPR Tuntut Pembatalan Kenaikan BBM

Source: metro.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button