7 desa terpencil di Jawa Timur ini ngeri tanpa listrik hingga penghuninya terlantar - WisataHits
Jawa Timur

7 desa terpencil di Jawa Timur ini ngeri tanpa listrik hingga penghuninya terlantar

7 desa terpencil di Jawa Timur ini ngeri tanpa listrik hingga penghuninya terlantar

Surabaya (beritajatim.com) – Meskipun Indonesia telah mengalami perkembangan yang adil, tahukah Anda bahwa ada beberapa desa yang tetap tidak terjamah bahkan sengaja diabaikan.

Tentu tidak ada desa terpencil di negara merdeka ini yang tidak mengalami perubahan atau pembangunan. Tidak hanya di luar Jawa, tetapi juga di Jawa Timur.

1. Desa Kertoembo, Madiun

Desa Kertoembo adalah sebuah desa di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Dikenal sebagai salah satu desa paling terpencil di kawasan ini, tempat ini tersembunyi di balik gunung Wilis yang menjulang tinggi.

Selain itu, lokasi desa ini berada di tengah hutan, di bawah tebing terjal. Meski terpencil, desa ini dikelilingi oleh air terjun kecil yang indah.

Meskipun desa ini jauh dari kota, jalan menuju desa ini cukup mudah, bahkan dua mobil bisa saling berpapasan. Ya, meski tekstur jalannya masih tanah.

Namun, jika Anda ingin mengunjungi desa ini, sebaiknya jangan datang saat musim hujan. Pasalnya, kondisi jalan licin akibat hujan dan sulit dijangkau.

2. Dusun Sumbulan, Ponorogo

Desa terpencil terdekat adalah di Kecamatan Jenangan, Ponorogo. Sejak tahun 2016, desa ini telah ditinggalkan oleh semua penduduknya karena letaknya yang agak terpencil.

Selain itu, jalan menuju desa ini cukup curam dan merupakan satu-satunya akses. Batas dusun ini dikelilingi oleh sungai dan persawahan yang luas. Pepohonan juga tumbuh lebat di desa tua ini.

Meski Desa Sumbulan tidak berpenghuni, namun bangunan masjid di sana masih digunakan masyarakat untuk beribadah.

3. Desa Demuk, Tulung Agung

Ketika menyebut desa Demuk, hal pertama yang terlintas di pikiran adalah nama desa yang penduduknya sakit. Karena pada abad ke-19 desa ini masih berupa hutan belantara yang belum terjamah tangan manusia, banyak orang yang tidak berani datang bahkan mendudukinya karena dianggap terkutuk.

Bahkan ada rumor dalam bahasa Jawa Wingit “Jalmoo Moro Jalmo Meninggal Sato Moro Sato Mati” yang berarti baik manusia maupun hewan yang datang ke tempat ini akan mati.

Namun, pada tahun 1968 desa dataran tinggi kapur ini diduduki dan menjadi cikal bakal kabupaten Pucanglaban.

4. Jurang Sempuh, Ponorogo

Jurang Sempuh adalah sebuah desa yang dikelilingi tebing di Desa Dayakan, Kecamatan Badegan, Ponorogo.

Meski memiliki akses jalan yang agak sulit dan terjal, desa ini merupakan penghubung antara Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Pacitan.

5. Dusun Opelan, Madura

Desa yang terletak di kawasan Sumenep, Madura ini disebut-sebut berada di daerah terpencil dan belum teraliri listrik.

6. Desa Wonopuro, Ponorogo

Desa terpencil selanjutnya juga ada di Kabupaten Ponorogo dan berada di atas sebuah gunung. Jalan menuju desa ini masih berupa tanah dan bebatuan yang hanya bisa dilalui oleh sepeda motor.

7. Dusun Durbugan, Madura

Tentu bila menyebut desa Durbugan pasti ingat wisata air terjun yang begitu indah. Meski menjaga keindahan alam, akan diinformasikan pada 2021 jika desa di Pamekasan ini belum teraliri listrik.

Itulah beberapa desa terpencil di Jawa Timur, meskipun jauh dari perkotaan, namun memiliki cerita dan pemandangan yang indah, tidak kalah dengan daerah lain. (Perancis/ian)

Source: beritajatim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button