Pengelolaan Homestay Bintek diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia dan fasilitas kunjungan wisata di Wonosobo - WisataHits
Yogyakarta

Pengelolaan Homestay Bintek diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia dan fasilitas kunjungan wisata di Wonosobo

TRIBUNJOGJA.COM, WONOSOBO – Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) menggandeng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Homestay di Desa Wisata di Balai PT Tambi Bedakah, Tlogomulyo Kertek pada Selasa (15/11/2022).

Acara yang dihadiri oleh 40 pengelola homestay di desa wisata Pagerejo dan Tlogomulyo di Kecamatan Kertek ini bertujuan untuk meningkatkan keberadaan homestay di Daerah Tujuan Wisata (DPSP) Super Prioritas (DPSP) Borobudur Yogyakarta Prambanan, termasuk Kabupaten Wonosobo.

Direktur BPOB KUKP Ramlan Kamarullah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari site visit untuk mempresentasikan proposal proyek percepatan pembangunan pariwisata di Kabupaten Wonosobo. Pada saat kunjungan tersebut diketahui bahwa kondisi fasilitas wisata di desa Pagerejo dan Tlogomulyo, khususnya homestay yang berada di dekat destinasi wisata Danau Bedakah, Gunung Cilik dan areal perkebunan teh, saat ini hanya terisi ketika Acara tertentu yang diadakan cenderung memiliki harga yang murah.

Selain itu, kualitas sarana dan prasarana di kedua desa tersebut kurang memadai untuk menerima kunjungan. “Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan fasilitas khususnya homestay untuk meningkatkan kunjungan ke Kabupaten Wonosobo sehingga kualitas pelayanan prima dapat ditingkatkan sebagai elemen penguatan daya tarik wisata,” harap Ramlan.

Sementara itu, Sekda Wonosobo Satu Andang Wardoyo yang sekaligus membuka acara dan mencanangkan Gema Festival Wonosobo (Gerakan Masyarakat Peduli Wisata Wonosobo) menyampaikan terima kasih kepada Dirut Badan Otorita Borobudur yang telah mendukung Pemkab Wonosobo dalam kegiatan libur ini.

“Saya mengapresiasi capacity building para pemilik cottage/homestay di desa Pagerejo dan Tlogomulyo untuk mengedukasi pelaku industri pariwisata tentang paradigma pembangunan pariwisata di Kabupaten Wonosobo yang perlu dilakukan secara sinergis dan berkesinambungan antara pemerintah dan pemerintah. ekonomi, sehingga tercapai hasil yang maksimal. Sekaligus dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dengan penguatan ekonomi daerah di sektor pariwisata pascapandemi Covid-19,” kata Andang.

Hal senada disampaikan Kepala Disparbud Wonosobo Agus Wibowo yang menyambut baik kerja sama BPOB dan pengelola desa wisata Pagerejo dan Tlogomulyo serta seluruh peserta yang antusias mengikuti Bintek ini. Dengan adanya bintek ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas homestay di Kabupaten Wonosobo. (disparbud.wonosobokab.go.id)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button