DPRD DIY Dukung Rencana Sultan Penyaluran Kesejahteraan Seumur Hidup - ANTARA News Mataram - WisataHits
Yogyakarta

DPRD DIY Dukung Rencana Sultan Penyaluran Kesejahteraan Seumur Hidup – ANTARA News Mataram

DPRD DIY Dukung Rencana Sultan Penyaluran Kesejahteraan Seumur Hidup – ANTARA News Mataram

Yogyakarta (ANTARA) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Yogyakarta mendukung penuh rencana Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk menyalurkan bantuan sosial seumur hidup kepada masyarakat miskin berusia 60 tahun ke atas.

“Kami mendukung penuh rencana Ngarsa Dalem (Sultan HB X). Apapun untuk menekan angka kemiskinan DPRD DIY tidak akan pernah ditolak,” kata Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana saat dihubungi di Yogyakarta, Senin.

Huda mengatakan, program itu bisa segera terealisasi pada 2023 menggunakan dana keistimewaan atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023.

Namun bila menggunakan APBD Perubahan, pelaksanaannya baru bisa terealisasi pada September 2023. “Dalam waktu dekat, yang terbaik adalah menggunakan sarana istimewa. Kalau yang diistimewakan tidak perlu persetujuan DPRD, kita cukup memberikan dukungan politik,” ujarnya.

Selain dapat menekan angka kemiskinan perbaikan rumah, Huda mengatakan warga yang berada pada tingkat kemiskinan ekstrim perlu mendapat bantuan sosial tambahan agar kualitas hidupnya lebih layak.

“Warga negara ini sebenarnya berhak dan harus menjadi tanggung jawab negara sebagaimana tertuang dalam UUD 1945, misalnya orang lanjut usia yang miskin, cacat berat dan sebagainya,” ujarnya.

Agar tepat sasaran, ia meminta agar proses pendataan dilakukan secara cermat sesuai dengan anggaran yang dialokasikan. “Tapi saya yakin akan sangat bermanfaat untuk menghindari pemborosan anggaran dalam hal ini karena pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk membantu masyarakat yang mendapat masalah,” kata Huda.

Baca Juga: Polisi Tangkap Tersangka Teroris Jaringan ISIS di Yogyakarta
Baca juga: Panitia ATF 2023 telah menyusun sederet paket wisata gratis

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berbicara tentang bantuan sosial seumur hidup bagi masyarakat miskin berusia 60+ sebagai upaya untuk mengurangi kemiskinan di daerahnya.

Terkait rencana Bansos Seumur Hidup, Sultan mengaku telah berdialog dengan para eksekutif dan pimpinan DPRD DIY. “Kalau saya ya umurnya sekitar 60-70 tahun, kemungkinan dia hanya berpendidikan SD, tidak punya fasilitas, tidak bisa bekerja, ya dirawat sampai ajalnya (seumur hidup),” kata Sultan.

Menurut Sultan, tahap awal program ini akan diujicobakan di Kabupaten Gunungkidul dan Kulon Progo.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button