5 Tempat Penyembuhan Murah Yang Ampuh Menuju Merapi Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

5 Tempat Penyembuhan Murah Yang Ampuh Menuju Merapi Yogyakarta

TEMPO.CO, Yogyakarta – Lewati istirahat pendek seperti akhir pekan biasa Yogyakarta, bisa dilakukan dengan mengunjungi objek-objek yang saling berdekatan, tidak memakan banyak biaya dan menghabiskan waktu di perjalanan. Salah satu kawasan wisata yang dapat dijangkau dalam satu arah tidak lain adalah bagian utara Yogyakarta yaitu dari Kabupaten Sleman menuju kawasan Gunung Merapi.

Rekomendasi untuk 5 titik objek wisata satu arah

Wisatawan bisa menempuh Jalan Kaliurang. Setidaknya ada lima tempat wisata yang bisa dikunjungi dalam perjalanan melalui akses Jalan Kaliurang.

1. Kebun Binatang Interaktif Suraloka

Lokasinya ada di Jalan Boyong 97, Kaliurang, Hargobinangun Pakem Sleman atau Jalan Kaliurang Km 26.

Beroperasi kurang dari tiga tahun, destinasi ini menawarkan konsep kebun binatang mini dengan taman anggrek dan taman bermain anak-anak, yang aksesnya ada di simpang Jalan Kaliurang Km 26 Sleman.

Dengan tiket masuk sekitar Rp30.000 per orang, pengunjung bisa melihat koleksi aneka reptil, mulai dari ikan predator air tawar dan air laut hingga peternakan mini. Ada juga akomodasi semalam atau keluarga angkat serta kafe nyaman yang diarahkan langsung ke daerah tujuan.

Wahana keluarga Kebun Binatang Suraloka di Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta. Tempo/Staf Wicaksono

2. Desa Wisata Ledok Sambi

Aksesnya ada di Jalan Kaliurang Km.19 Sleman Yogyakarta.

Desa ini merupakan salah satu desa wisata yang paling ramai di lereng Gunung Merapi. Wisatawan tidak hanya disuguhi pemandangan desa yang indah yang menyegarkan mata.

Yang menjadi andalan desa wisata gratis ini tentu saja sungai kecil, dangkal, jernih dengan arus yang tidak terlalu deras. Pengunjung terutama anak-anak langsung suka karena bisa bermain air sepuasnya.

Jika lapar ada mini resto di dekat sungai yang dikelola penduduk desa dengan harga terjangkau dan higienis. Ya, syarat utama untuk memasuki kawasan ini adalah tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar karena aksesnya gratis.

Jika ingin lebih memacu adrenalin, pengunjung bisa mencoba wahana Flying Fox yang menampilkan tantangan zipping melintasi sungai menggunakan tali.

Desa Wisata Ledok Sambi di Sleman Yogyakarta, Tempo/Pribadi Wicaksono

3. Taman Merapi

Letaknya di Jalan Kaliurang Km.22 Sleman Yogyakarta.

Kawasan ini merupakan arena bermain yang luas untuk menghibur anak-anak dengan berbagai wahana menarik. Dengan tiket masuk Rp 35.000, pengunjung bisa mengakses tiga wahana seperti; Dino Park, taman air anak-anak, dan Taman Merapi.

daerah Taman Dino menjadi salah satu yang paling disergap. Di kawasan ini terdapat berbagai replika dinosaurus yang dapat bergerak secara mandiri dan mengeluarkan suara berdasarkan sensor yang ditanamkan. Di sebelah Taman Dinoada juga daerah Landmark dunia yang berisi miniatur bangunan-bangunan terkenal dunia seperti Patung Liberty, Menara Pisa dan lain-lain.

Wahana di Merapi dan Dino Park di Sleman Yogyakarta. Tempo/Staf Wicaksono

4. Museum Gunung Merapi

Museum ini terletak di sebelah Kebun Binatang Suraloka dan Taman Merapi di Jalan Kaliurang Km 26.

Di museum ini pengunjung bisa belajar banyak tentang gunung berapi, khususnya Merapi. Replika Gunung Merapi dalam skala besar ditempatkan di museum, lengkap dengan diorama acara kegiatan yang berkaitan dengan Gunung Merapi.

5. Tlogo Putri Kaliurang.

Kawasan ini merupakan objek penting untuk tujuan wisata Kaliurang di kaki Taman Nasional Gunung Merapi. Di kawasan Tlogo Putri, pengunjung dimanjakan dengan suasana hutan pinus yang terkadang diselimuti kabut tipis.

Jika ingin menikmati air terjun dan melihat monyet dari dekat, ada sebuah kawasan bernama Tlogo Muncar di kawasan Tlogo Putri yang terletak di belakang kios-kios penjual Jadah Tempe yang bertebaran di sana.

Kawasan Tlogo Muncar, Tlogi Putri Kaliurang, Yogyakarta. Tempo/staf Wicaksono

WICAKSONO SWASTA

Baca juga: 5 Program menarik akhir pekan ini di Yogyakarta, mulai dari festival musik hingga pacuan kuda

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan cerita unggulan di kanal Telegram Tempo.co Update. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button