Pantai Thomas Uluwatu, pesona pantai pasir putih dan tebing eksotis di Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Thomas Uluwatu, pesona pantai pasir putih dan tebing eksotis di Bali

Harga tiket: untuk membebaskan, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Thomas Uluwatu, sebuah pantai tersembunyi di barat daya pulau Bali. Bagian barat pulau Bali masih memiliki keindahan alam laut dan pantai dengan tebing terjal yang belum banyak terekspos oleh wisatawan.

Pantai indah ini menawarkan panorama keindahan alam berupa pantai pasir putih yang lokasinya tersembunyi di balik tebing yang curam, akses jalan menuju ke sana cukup sulit sehingga jarang dikunjungi atau bahkan diketahui orang. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan.

Pantai dengan pemandangan alam yang luar biasa ini merupakan destinasi wisata baru yang menawarkan pengalaman wisata petualangan dan keindahan dalam satu tempat. Nama Thomas Beach diambil dari nama penemunya, seorang bule bernama Thomas. Berikut ini adalah pembahasan pantai indah tersembunyi di Bali.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Thomas

Obyek wisata pantai ThomasKredit gambar: Google Maps Jonas Hein

1. Pantai pasir putih

Pantai Thomas Uluwatu memiliki pasir putih yang lembut, kondisi pantai selalu sangat bersih, suasana alam selalu begitu tenang sehingga cocok sebagai private beach bagi wisatawan yang ingin menyejukkan diri untuk menenangkan pikiran. Pesona itu akan semakin nyata saat senja tiba.

2. Mendaki tebing yang indah

Daya tarik utama pantai cantik ini adalah tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya. Keberadaan tebing ini seperti pintu penyambutan wisatawan yang ingin melihat keindahan pantai. Aksen suara ombak yang tenang tak henti-hentinya mengiringi setiap langkah kaki yang mencoba mendekatinya.

3. Ombak di pantai ini cukup tinggi untuk berselancar

Pantai Thomas Uluwatu merupakan tempat yang ideal bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi berselancar atau surfing.

Kawasan Uluwatu memang terkenal dengan ombak pantainya yang cukup tinggi dan memanjang karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pecinta selancar pasti akan sangat puas dengan pantai eksotis ini.

4. Matahari terbenam yang mempesona

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai cantik ini adalah pada sore hari saat matahari terbenam. Keindahan sunset berpadu dengan eksotisme pantai menjadi pemandangan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Ada juga bongkahan batu besar yang bisa pengunjung jadikan spot foto sambil menikmati sunset.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pantai ThomasKredit gambar: Google Maps Dan O’Cker

Lokasi Pantai Thomas berada di sepanjang pesisir barat daya Semenanjung Bukit di Uluwatu, Bali selatan. Pantai cantik ini terletak persis di antara Pantai Blue Point Uluwatu atau Pantai Suluban dan Pantai Padang-Padang. Secara administratif, lokasinya berada di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Akses menuju Thomas Beach Uluwatu sendiri sangat mudah. Wisatawan bisa berwisata ke Uluwatu, untuk menuju ke lokasi Uluwatu wisatawan harus menggunakan alat transportasi sendiri baik itu sepeda motor atau mobil, sebaiknya saat berada di Bali menyewa kendaraan agar akses kemana-mana lebih mudah.

Berbagai cara bisa ditempuh untuk menuju Pantai Thomas, setibanya di Uluwatu. Pengunjung bisa terlebih dahulu berwisata ke Suka Cafe. Akses jalan menuju Suka Cafe masih berupa jalan berkerikil. Ikuti terus jalan yang ada hingga menemukan jalan kecil yang menurun.

Dalam perjalanan, wisatawan akan melewati jembatan penyeberangan kecil dan porter di sebelah kiri. Dari jembatan penyeberangan, pengunjung harus berjalan kaki. Pantai Thomas termasuk dalam salah satu kategori pantai terindah di Bali. Pengunjung hanya perlu menuruni undakan alam dan tentunya membutuhkan sedikit tenaga.

Lelah menuruni anak tangga terjal akan terbayar setelah melewati tebing yang menutupi pantai. Pasir putih berpadu dengan birunya air laut adalah pemandangan pertama yang bisa dilihat. Lihat lebih dekat bebatuan yang tersusun tidak beraturan namun bisa menambah pesona tersendiri.

Harga tiket masuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai ThomasKredit gambar: Google Maps Ian Elay

Pantai Thomas sama seperti pantai lainnya di Bali yang tiket masuknya gratis. Namun wisatawan harus membayar biaya untuk menikmati berbagai fasilitas pantai yang telah disediakan. Besaran biaya yang harus dikeluarkan tergantung dari fasilitas yang hendak digunakan.

Biaya yang harus dikeluarkan saat mengunjungi pantai tersembunyi ini sudah termasuk biaya parkir, Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Biaya ini untuk kendaraan yang pada akhirnya tetap aman di pantai, jadi tidak perlu khawatir tersesat.

Bagi pengunjung yang ingin bersantai di pantai, Anda bisa menggunakan jasa persewaan payung dan kursi. Biaya sewanya Rp 50.000,- untuk sewa payung dan Rp 50.000,- untuk sewa kursi geladak. Pengalaman liburan pantai pasti akan lebih menyenangkan.

Apakah Anda ingin bermain seluncuran air atau berselancar? Tapi tidak membawa perlengkapannya? Di pantai Juva yang tenang inilah tersedia persewaan papan selancar. Biaya sewa juga terjangkau, hanya Rp 50.000,- untuk sewa 2 jam. Selain papan selancar, ada juga persewaan pakaian renang dan peralatan snorkeling.

Hal Seru yang Dapat Dilakukan di Pantai Thomas

Kegiatan Wisata Pantai ThomasKredit gambar: Google Maps Carla g

1. Nyaman berjemur di pantai

Berjemur di pantai sambil menikmati deburan ombak adalah cara terbaik untuk berjemur dan merasakan ketenangan batin saat berlibur. Kegiatan berjemur ini cocok bagi pengunjung yang tidak terlalu suka bermain air. Lengkapi cara bersantai yang nyaman dengan meminum air kelapa muda segar.

2. Berenang

Nah, bagi pengunjung yang sangat senang bermain air, jangan lewatkan berenang di pantai populer ini. Pantai Thomas aman untuk berenang, namun tetap harus waspada karena saat air laut surut akan terlihat banyak karang. Bagi pengunjung yang tidak membawa pakaian renang ke pantai eksotis ini, mereka juga menyewakan pakaian renang

3. Berselancar menyenangkan

Pantai Thomas adalah salah satu tempat terbaik untuk berselancar. Olahraga pantai yang ikonik ini menuntut pemainnya untuk bisa mengejar ombak yang keras dan memompa adrenalin. Namun, perlu dicatat bahwa selancar tidak cocok untuk pemula, disarankan untuk berdiri dayung untuk pemula.

4. Berdiri Mendayung

Kegiatan menarik selanjutnya di pantai menawan ini adalah stand up paddleboarding atau berdiri dan mendayung di atas papan. Olahraga ini cocok untuk orang yang suka memadukan kesenangan dan kesehatan. Olahraga air ini dapat membakar kalori sekaligus meningkatkan kekuatan lengan dan tubuh.

5. Tim Bola Voli Pantai

Pantai Thomas memiliki pasir putih yang luas jadi sayang sekali jika tidak dimanfaatkan. Pengunjung bisa mencoba bermain voli bersama teman-teman. Olahraga ini tidak membutuhkan banyak alat, hanya bola voli dan jaring. Selain meningkatkan kesehatan, bermain bola voli bersama teman bisa menjalin ikatan persahabatan yang lebih hangat.

6. Selfie atau foto selfie

Keunikan pantai yang memiliki tebing ini ujungnya, sehingga Anda bisa mendapatkan spot foto yang semakin menarik untuk diabadikan. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada pagi dan sore hari saat matahari akan terbenam.

7. Snorkling

Pengunjung juga bisa snorkeling atau melihat keindahan biota laut tepat di pantai yang indah ini. Jika pengunjung tidak membawa peralatan snorkeling, ada lokasi persewaan yang menyediakannya. Tidak diragukan lagi keindahan bawah laut pantai-pantai Bali, terutama Pantai Thomas yang lokasinya masih tersembunyi.

8. Malam di dekat pantai

Menghabiskan liburan di Bali belum lengkap tanpa mencoba bermalam di hostel dekat pantai. Harga penginapan di kawasan Uluwatu bervariasi, bisa disesuaikan dengan budget pengunjung. Mulai dari homestay, hotel hingga villa dengan fasilitas lengkap juga tersedia.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Wisata Pantai ThomasKredit gambar: Google Maps Ian Elay

Ada berbagai fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung di pantai indah di Uluwatu ini. Fasilitas yang disediakan berupa fasilitas umum yang tidak perlu ditambah biaya tambahan untuk menggunakannya dan fasilitas sewa.

Fasilitas umum yang disediakan berupa toilet yang dapat digunakan pengunjung untuk berkumur setelah bermain di pantai. Lahan parkir juga telah disediakan dengan daya tarik yang sangat terjangkau untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Fasilitas lainnya termasuk kursi berjemur dan payung untuk disewa.

Tersedia pula tempat makan atau resto di kawasan pantai untuk memanjakan perut para pengunjung yang lapar. Harga makanan dan minuman sendiri merupakan harga standar di tempat wisata. Selain itu, berbagai jenis akomodasi juga ditawarkan yang biayanya dapat disesuaikan dengan budget.

Waktu terbaik untuk datang adalah di pagi hari sebelum matahari terlalu terik dan kawasan wisata ramai dan juga di sore hari agar Anda bisa menyaksikan matahari terbenam. Matahari terbenam di atas Pantai Thomas akan memukau semua orang yang melihatnya. Pantai ini tergolong surga yang tersembunyi di balik tebing yang indah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button