Pemkot Semarang Siap Ubah Ex Wonderia Menjadi Ruang Publik Baru - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Pemkot Semarang Siap Ubah Ex Wonderia Menjadi Ruang Publik Baru – Solopos.com

Solopos.com, SEMARANG — Bekas taman hiburan rakyat Wonderia yang sudah lama terbengkalai masuk dalam proyek masa depan Pemerintah Kota Semarang (Pemkot). Taman seluas sekitar 3 hektar ini dijadikan sebagai salah satu pusat perekonomian kota Semarang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Sih Rianung saat meresmikan gang baru Jalan Sriwijaya, Rabu (11/2/2022). Menurut Rianung, Wonderia memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Semarang.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

“Pemkot Semarang berbicara tentang pembangunan di situs ini” [Wonderia]. sebagai milik kota [Semarang]“Wonderia memiliki potensi untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” ujarnya.

Rianung menyampaikan hal tersebut mengingat nantinya akan ada Simpang Lima dan pusat kuliner kedua di depan kompleks Wonderia.

Sementara itu, Sekretaris Kota Semarang Iswar Aminuddin mengatakan, pemerintah kota telah menerima beberapa masukan mengenai konsep ruang baru di bekas Wonderia tersebut. “Seniman dan pakar budaya menyarankan agar Wonderia dibangun menjadi ruang publik dan diisi dengan masjid, gereja, dan fasilitas umum lainnya,” katanya.

Baca Juga: Semarang Wonderia Park yang Terkenal Berhantu Dibangun di Kawasan Makam Suci

Konsep baru lainnya adalah konversi Wonderia menjadi tempat parkir bus wisata. “Selama ini yang menjadi permasalahan di Kota Semarang adalah ketersediaan lahan parkir untuk bus wisata,” jelasnya.

Kedua konsep tersebut masih didiskusikan dengan beberapa pihak. Menurut Iswar, bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memulihkan Wonderia akan memakan waktu lama karena banyak hal yang harus dinegosiasikan.

“Sampai saat ini belum ada yang berminat, mungkin karena ada makam di kawasan Wonderia,” kata Iswar.

Baca Juga: Jalan Sriwijaya Baru Selesai! Semarang akan segera memiliki penyeberangan kedua

Wonderia adalah taman hiburan rakyat terbesar di kota Semarang, yang memiliki berbagai wahana. Taman ini dibuka oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tahun 2007 namun ditutup secara permanen pada tahun 2017.

Alasan penutupan Wonderia adalah karena manajemen memiliki tunggakan pajak yang cukup besar yakni sekitar Rp 3,1 miliar.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan itu Rp99.000/tahun, Anda dapat menikmati berita lebih detail dan bebas iklan serta berkesempatan mendapatkan hadiah utama berupa mobil Daihatsu Rocky, motor NMax dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button