Pemkot Semarang beli bus listrik - WisataHits
Jawa Tengah

Pemkot Semarang beli bus listrik

Semarang Central Javanews.id – Pemerintah Kota Semarang membeli satu unit bus wisata berbahan bakar listrik. Dengan pembelian tersebut, program kota ramah lingkungan akan dilaksanakan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan rencananya wisatawan menggunakan bus listrik ini untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata di kota Semarang.

Bus produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) itu diserahkan langsung Direktur Utama PT MAB Kelik Irwantono kepada Walikota Semarang Hendrar Prihadi di Balai Kota Semarang.

Baca juga: Kota Semarang memperkenalkan aplikasi jamu yang kuat

Usai penyerahan secara simbolis, orang nomor satu di Kota Semarang itu mengatakan, keberadaan bus listrik ini harus mewujudkan Semarang sebagai kota yang ramah lingkungan.

“Bahan bakar yang digunakan bus ini adalah tenaga listrik, sehingga diharapkan dapat mengurangi polusi udara dan membuat lingkungan di Kota Semarang lebih bersih,” kata Hendi, sapaan akrabnya, Jumat (12/8/2022).

Ia menambahkan, bus listrik ini juga bisa mengurangi polusi udara di Kota Semarang.

“Penggelaran kendaraan berbahan bakar hijau merupakan langkah awal bagi Kota Semarang untuk mengurangi emisi CO2 dan polusi udara,” imbuhnya.

Pemkot Semarang akan menggunakan dana APBD hingga Rp5100 juta untuk pengadaan bus ini. Dengan informasi Rp 4,5 miliar untuk armada bus dan Rp 600 juta untuk unit muat.

Hendi juga berharap keberadaan bus listrik ini dapat mendorong warga Semarang untuk menggunakan transportasi umum.

“Ya, kami berharap dengan hadirnya bus listrik ini, warga Semarang mulai menggunakan angkutan umum. Hal ini juga dilakukan ASN setiap Rabu dengan program harian bebas asap kendaraan bermotor,” jelasnya.

Baca juga: Kota Semarang menggalakkan pengurangan stunting

Kelik Irwantono, Presiden Direktur MAB, mengumumkan Semarang merupakan wilayah pertama di Indonesia yang memesan bus listrik untuk produksinya.

Pihaknya menjelaskan, bus listrik ini bertipe MD 12E NF yang mampu menempuh jarak 250 kilometer dalam sekali pengisian daya. Lain halnya dengan baterai jenis LifePO Water Cooled berkapasitas 315,85 KWh, 519 Ah.

“Kapasitas penumpang menampung 45 orang dengan torsi 680 Nm dan kecepatan maksimal 100 kilometer per jam”, pungkas (tito-02)

Source: www.jatengnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button