Pemkot Bogor dan IPB University resmi menandatangani Rencana Induk Agrowisata Halal Rancamaya - WisataHits
Jawa Barat

Pemkot Bogor dan IPB University resmi menandatangani Rencana Induk Agrowisata Halal Rancamaya

TRIBUNNEWSBOGOR.COM — Kota Bogor (Pemkot) menerima Masterplan Agrowisata Halal Rancamaya’>Rancamaya dari IPB University di Paseban Surawisesa, Balai Kota Bogor, Kamis (8/9/2022).

Penyerahan masterplan diawali dengan penandatanganan berita acara serah terima antara Pemerintah Kota Bogor yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor, Syarifah Sofiah dan IPB University yang diwakili oleh Wakil Rektor IPB University Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni, prof. Dodik Ridho Nurrochmat disaksikan oleh jajaran masing-masing dari kedua partai tersebut.

Sekretaris Kota Bogor Syarifah Sofiah menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya atas proses panjang hingga serah terima akhir.

“Alhamdulillah sebuah fase telah berakhir dan ini masih panjang untuk dibahas tetapi pada dasarnya kami ingin menghadirkan yang terbaik tidak hanya dalam membuat master plan tetapi juga dengan beberapa konten yang kami sampaikan untuk ditindaklanjuti kata Syarifa.

Usai serah terima, kata Sekda, tentunya masterplan inilah yang menjadi kuncinya, dan Pemkot Bogor serta IPB University kembali mulai “berlari” untuk membahas lebih jauh dan lebih teknis.

Selain itu, lokasi dan kelembagaan merupakan hal selanjutnya yang perlu dilaksanakan untuk dirumuskan dan dijabarkan ke dalam rencana yang lebih detail seperti komitmen Kota Bogor dan IPB University untuk mewujudkan Smart Halal Center yang didukung oleh masyarakat dan perekonomian dunia yang diharapkan.

Selain itu, Syarifah mengatakan kesadaran dan kebutuhan masyarakat akan penggunaan produk dan makanan halal sudah tinggi dan semakin terasa.

Kota Bogor (Pemkot) menerima Masterplan Agriwisata Halal Rancamaya dari IPB University di Paseban Surawisesa, Balai Kota Bogor, Kamis (8/9/2022).Pemkot Bogor (Pemkot) menerima Masterplan Agriwisata Halal Rancamaya dari IPB University di Paseban Surawisesa, Balai Kota Bogor, Kamis (8/9/2022). (Khusus/Pemkot Bogor)

Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama, dan Hubungan Alumni IPB University Prof. Dodik Ridho Nurrochmat yang bersama Prof. Yonny Koesmaryono dan Prof. Eriyatno menyampaikan bahwa penyerahan masterplan kawasan agriwisata Halal Center Rancamaya merupakan tahap pertama , yang tidak hanya di Kota Bogor, tetapi juga di wilayah Jawa Barat atau bahkan di Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Lembaga (BPI) Prof Yonny Koesmaryono menjelaskan, dukungan yang diberikan pemangku kepentingan mengantisipasi terciptanya atau terwujudnya kawasan agrowisata halal.

“Jadi nanti iconnya wisata halal, seperti UMKM, agrowisata dan distribusi makanan halal atau hulu sampai hilir. Mudah-mudahan akhir bulan Pak Wali bisa presentasi ke pihak swasta insya Allah jadi icon nasional. Tidak ada gambaran biaya saat ini,” katanya.

Dalam serah terima tersebut, Syarifah Sofiah didampingi Kepala Dinas Tapem Setda Kota Bogor, Marse Hendra Saputra, Camat Bogor Selatan, Hidayatullah, Kepala Desa Rancamaya dan perwakilan DKPP Kota. Bogor dan Bappeda.

Source: bogor.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button