Ada forum penggalian fosil, review lengkap Museum Geologi Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Ada forum penggalian fosil, review lengkap Museum Geologi Bandung

menjawab – Tidaklah cukup jika berlibur ke kota kembang tanpa mengunjungi Museum Geologi Bandung. Setidaknya sekali Anda harus datang ke tempat ini.

Museum Geologi merupakan tempat wisata edukasi di pusat kota Bandung, Jawa Barat.

Museum Geologi kaya akan pengetahuan dan material geologi, sehingga mendapat perhatian dan perlindungan khusus dari pemerintah. Di sini Anda akan menemukan segala sesuatu yang berhubungan dengan geologi.

Di Museum Gelogi Anda juga dapat melihat fosil dinosaurus paling terkenal yang megah dan raksasa, Tyrannosaurus Rex Osborn. Fosil ini bisa disebut sebagai daya tarik utama Museum Geologi.

Museum ini juga memiliki koleksi mulai dari tengkorak manusia hingga artefak kuno yang terdapat di Indonesia. Di sini kamu bisa mengetahui segala hal tentang perkembangan makhluk hidup dari zaman prasejarah hingga zaman modern.

img_title

Museum Geologi Bandung. (Foto: NativeIndonesia.com)

Tempat yang kaya akan ilmu bukan? Oleh karena itu, hampir setiap saat tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan terutama anak-anak dan anak sekolah Perjalanan studi.

Tak hanya itu, ANTV lovers. Anak-anak tidak akan bosan mengunjungi Museum Geologi karena museum ini juga memiliki wahana yang menyenangkan dan mendidik untuk menggali fosil!

Sebelum membahas lebih jauh, berikut informasi tentang Museum Geologi Bandung untuk dilihat terlebih dahulu.

Sejarah Singkat Museum Geologi Bandung

img_title

Museum Geologi Bandung. (Foto: Wikipedia)

Museum Geologi Bandung pertama kali didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Tempat ini didirikan bersamaan dengan peresmian Pasific Science IV.

Bangunan museum direnovasi dan dibuka kembali pada tanggal 23 Agustus 2000. Saat itu, museum ini difungsikan sebagai gedung perkantoran dengan depo koleksi penelitian geologi dan unit laboratorium geologi.

Kegiatan di Museum Geologi Bandung

img_title

Museum Geologi Bandung. (Foto: BandungClick)

Seperti yang telah disebutkan di atas, Museum Geologi merupakan tempat wisata edukasi. Harganya yang sangat terjangkau membuat tempat ini selalu ramai pengunjung.

Di Museum Geologi, pengunjung dapat melihat berbagai koleksi purbakala mulai dari fosil hewan, tengkorak manusia hingga artefak dan benda bersejarah lainnya.

Museum ini juga menyajikan kekayaan pengetahuan tentang geologi, seperti hipotesis pembentukan bumi. Pengunjung juga dapat belajar tentang pemetaan sumber daya mineral, tata surya, dan fitur tektonik regional.

Museum Geologi juga memiliki bagian yang berisi informasi tentang bahaya geologi seperti letusan gunung berapi atau tanah longsor.

Semua koleksi dan bahan Museum Geologi dibagi menjadi 3 ruangan yaitu Life History, Indonesian Geology dan Geology for Human Life.

Koleksi Fosil Dinosaurus

img_title

Museum Geologi Bandung. (Foto: Tempat Wisata di Bandung)

Daya tarik utama Museum Geologi adalah koleksi fosil dinosaurus.

Di ruang utama pengunjung langsung disambut oleh fosil gajah purba atau mammoth, kemudian ada badak purba, kuda nil dan kerbau. Ada juga kura-kura raksasa.

Lalu ada fosil T-Rex raksasa yang menjadi daya tarik pengunjung terutama anak-anak. Ada juga jejak kaki Tyrannosaurus.

malam di Museum

Judul ini pasti mengingatkan Anda pada film-film Hollywood, bukan? Pasalnya, kegiatan ini sebenarnya terinspirasi dari film yang dibintangi oleh Ben Stiller dan Robin Williams.

aktivitas malam di Museum diadakan pertama kali pada tahun 2015 dan diselenggarakan dalam rangka Hari Pertambangan dan Energi.

malam di Museum rutin setiap bulan. Jadwal pastinya bisa kamu cek di media sosial Twitter atau Instagram di @geomuzee.

dalam malam di Museum Saat ini, saat memasuki museum, pengunjung akan disambut dengan kerangka dinosaurus.

Itu membuat malam di Museum salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan di museum geologi. Anda bisa merasakan perasaan berjalan melalui museum di malam hari.

museum 3D

Rasanya kurang jalan-jalan tanpa foto-foto, kan? Selain berfoto dengan fosil atau koleksi museum lainnya, Anda juga bisa berfoto seolah-olah berada di zaman dahulu.

Museum Geologi memiliki ruangan khusus dengan gambar 3D bertema prasejarah. Di sini, pengunjung bebas berfoto dan berpose sesuka hati. Foto bisa langsung dicetak sebagai souvenir.

Penggalian fosil

Museum Geologi memiliki wahana seru untuk anak-anak yaitu menggali fosil. Tentunya hal ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik bagi mereka.

Area penggalian fosil ini berupa kolam berisi pasir. Anak-anak harus menggali pasir dan menemukan berbagai jenis replika fosil yang terkubur di dalamnya.

Setelah itu, anak-anak belajar merekonstruksi tulang-tulang yang telah menjadi fosil sehingga menyerupai binatang. Wahana yang seru dan mendidik, bukan?

Taman batu

img_title

Museum Geologi Bandung. (Foto: IDN Tourism)

Stone Park adalah area bagi pengunjung yang tertarik dan belajar tentang geosains. Wahana ini berupa ilustrasi yang memuat informasi tentang pembentukan batu.

Seperti namanya, kendaraan ini menampilkan banyak koleksi batu bata yang dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Ada juga informasi mengenai nama dan letak batu tersebut.

Berdasarkan bongkahan batu yang ada, pengunjung dapat merasakan proses pembentukan batu dengan menggunakan contoh. Batu-batu di sini dikumpulkan dari seluruh wilayah Indonesia.

Sayangnya, batu-batu tersebut sulit ditemukan di tempat asalnya dengan banyak pihak yang menjualnya ke luar negeri.

Wisata kuliner

Museum Geologi juga menyediakan area bazar makanandimana pengunjung dapat menemukan berbagai makanan ringan.

Umumnya mereka menyajikan makanan dan minuman non-alkohol. Jadi jika pengunjung lapar saat berwisata, mereka bisa membeli bahan makanan yang ada untuk mengisi perut.

Fasilitas Museum Geologi Bandung

img_title

Museum Geologi. (Foto: Instagram @geomuzee)

Sebagai salah satu tempat wisata andalan di Bandung, Museum Geologi memiliki fasilitas yang lengkap.

Museum Geologi memiliki auditorium yang sering digunakan untuk pemutaran film untuk perkuliahan dan seminar. Museum ini juga memiliki ruang edukasi dengan kapasitas 40 orang.

Seperti tempat wisata lainnya, Museum Geologi memiliki toko souvenir. Pengunjung dapat menemukan berbagai macam souvenir geologi seperti aksesoris, t-shirt, buku, gantungan kunci dan barang-barang lainnya.

Fasilitas umum seperti toilet, masjid dan poliklinik juga tersedia di Museum Geologi. Jadi jangan khawatir ketinggalan waktu sholat!

Jam buka Museum Geologi

img_title

Museum Geologi. (Foto: Instagram @geomuzee)

Museum Geologi hanya buka pada hari Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu. Museum Geologi tutup untuk pengunjung pada hari Senin, Jumat, dan hari libur nasional.

Museum Geologi buka pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB dan pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB.

Tiket masuk Museum Geologi Bandung

img_title

Museum Geologi Bandung. (Foto: Atourin)

Harga tiket Museum Geologi sangat terjangkau. Meski harga untuk wisatawan mancanegara berbeda, namun harganya masih relatif murah.

Tiket masuk umum Museum Geologi Bandung hanya Rp 3.000. Harga tiket masuk pelajar atau mahasiswa jauh lebih murah yaitu Rp 2.000.

Di sisi lain, biaya masuk untuk turis asing adalah Rp 10.000.

Pembayaran tiket hanya dapat dilakukan secara tunai. Jika ingin melakukan reservasi, pengunjung dapat menghubungi pihak museum di 0227213822.

Peraturan Museum Geologi

img_title

Museum Geologi. (Foto: Instagram @geomuzee)

Setiap pengunjung harus mematuhi peraturan yang ada. Tentunya juga harus ramah dan disiplin agar tidak menimbulkan celaka atau huru hara yang mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya.

  • Setiap pengunjung yang datang ke Museum Geologi wajib divaksin dan sehat jasmani.
  • Kepatuhan terhadap protokol kesehatan, mis. B. Selalu memakai masker dan tidak terlalu banyak berkerumun di tempat tertutup.
  • Pengunjung yang berusia di bawah 12 tahun harus didampingi oleh pendamping yang telah menerima vaksin.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button