Mulai 31 Oktober Naik Trans Dewata dikenakan biaya - WisataHits
Jawa Timur

Mulai 31 Oktober Naik Trans Dewata dikenakan biaya

DENPASAR, BALI EXPRESS – Sekitar setahun setelah diluncurkan, perusahaan telah mengumumkan melalui akun Instagram resminya @teman_bus atau Trans Dewata bahwa akan mengenakan tarif Rp 4.400 per orang mulai 31 Oktober.

Sebelumnya, angkutan umum yang menghubungkan sejumlah wilayah di Bali bebas pulsa atau free.

Soal tarif, sebagian penumpang setia Trans Dewata mengaku tak ada masalah. Seperti yang diungkapkan Ayu Agung yang selalu menggunakan Trans Dewata dalam kesehariannya.

Menurut Ayu, dia tidak mempersoalkan pengenaan tarif di Trans Dewata. Alasannya, tarif yang tertera tidak terlalu tinggi, apalagi jika dibandingkan dengan tarif ojek atau taksi online yang jauh lebih mahal. “Tidak apa-apa, biayanya hanya Rp 4.000. Dari pada naik ojek atau taksi online ke bandara, tarifnya bisa mencapai Rp 100.000,” ujarnya, Kamis (20/10).

Ia mengaku biasa menggunakan Trans Dewata untuk berobat ke RS Sanglah (Prof Ngoerah). Dengan keterbatasan parkir di rumah sakit, Trans Dewata menjadi alternatif terbaik baginya.

Dengan diberlakukannya tarif ini, dia berharap bisa memperluas rute yang dituju. Sehingga penerapan tarif ini akan lebih efektif kedepannya.

Hal sebaliknya disampaikan Dewi, pengguna Trans Dewata lainnya. Dia menyayangkan diberlakukannya tarif tersebut. Meski demikian, kata dia, kenaikan tarif juga bisa mengurangi beban biaya pemeliharaan dan operasional. “Tapi kami mengerti. Di Korea saja, bus semacam itu tersedia dengan biaya tambahan. Tapi mudah-mudahan ada lebih banyak rute dengan tarif ini,” jelasnya.

Sebagai informasi, pemberlakuan tarif ini tidak hanya terjadi di Bali, namun serentak dengan daerah lain dengan denominasi berbeda. Diantaranya untuk Kota Palembang Rp 4.000 per orang, Surakarta Rp 3.700 per orang, Yogyakarta Rp 3.600 per orang, Medan Rp 4.300 per orang, Bandung Rp 4.900 per orang, Surabaya Rp 6.200 per orang, Banjarmasin Rp 4.300 per orang. orang, Makassar Rp 4.600 per orang dan Banyumas Rp 3.900 per orang.

Reporter: Rika Riyanti

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button