Pemkot Bogor Bingung, Situs Sejarah Batutulis Tak Terawat, Ini Penyebabnya! - WisataHits
Jawa Barat

Pemkot Bogor Bingung, Situs Sejarah Batutulis Tak Terawat, Ini Penyebabnya!

Bogor – Keberadaan Situs Sejarah Batutulis di Kota Bogor belum tertata dengan baik. Karena karena kewenangan Pemerintah Kota Bogor (Bogor Municipality), administrasi tidak berwenang.

Untuk itu, Pemerintah Kota Bogor telah meminta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemndikbud Ristek) untuk menghibahkan lahan objek Situs Sejarah Batutulis dalam rangka penataan Situs Cagar Budaya Kerajaan Pajajaran.

Direncanakan untuk mendapatkan hak administratif. Pemkot Bogor bersama jajaran Kemendikbud dan Kemenristek menggelar rapat kerja untuk mematangkan rencana tersebut.

Situs sejarah yang memuat prasasti tersebut kondisinya cukup memprihatinkan. Beberapa fasilitas yang ada di obyek wisata sejarah dapat dikatakan kurang memadai. Begitu sepi pengunjung.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengatakan, Pemkot Bogor sebenarnya sudah lama meminta pengalihan pengelolaan situs tersebut dengan mengirimkan surat ke pemerintah pusat.

“Kami telah mengirim surat ke mana-mana selama beberapa waktu. Kami sangat ingin bisa bersama-sama mengelola kawasan Batutulis,” kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim seperti dikutip Jumat (2/11).

Pemkot Bogor juga berkoordinasi dengan Istana Batutulis, PT KAI dan pihak swasta untuk menata kembali Batutulis guna menjaga dan melestarikan cagar budaya di sana.

“Kalau orang Bogor ditanya pernah ke Batutulis, rata-rata jawabannya tidak pernah. Karena tidak ada tempat parkir dan tidak ada narasi untuk ditampilkan,” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button