Siapkan APBD Rp 16 Miliar, Bima Arya: Pemkot Bogor akan bangun Balai Ageung di Batutulis - WisataHits
Jawa Barat

Siapkan APBD Rp 16 Miliar, Bima Arya: Pemkot Bogor akan bangun Balai Ageung di Batutulis

Siapkan APBD Rp 16 Miliar, Bima Arya: Pemkot Bogor akan bangun Balai Ageung di Batutulis

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Pemerintah Kota Bogor (Pemkot) akan menyiapkan kawasan Batutulis di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Penataan dimulai dari pembangunan Ageung Hall hingga integrasi antara Ageung Hall, situs Batutulis dan Transit Oriented Development (TOD) Stasiun Batutulis.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan integrasi antara situs Batutulis dan Balai Ageung membuka peluang untuk mengalihkan akses warga setempat. Situs dan Balai Ageung dipisahkan oleh gang.

“Tapi nanti akan diselesaikan agar kawasan ini terintegrasi dan tidak dipisahkan dengan akses tadi,” kata Bima Arya RepublikaSelasa (10/01/2023).

Bima Arya mengatakan, anggaran sebesar Rp 16 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor digunakan untuk pembangunan Balai Ageung dan konsep integrasi. Pembangunan akan dimulai awal tahun ini.

“Tapi nanti jadi ruang publik, taman. Jadi museumnya sendiri akan ada tahap selanjutnya setelah 2023 saya kira,” ujarnya.

Setelah tapak dan Balai Ageung berkembang, lanjut Bima Arya, ruang publik ini akan menyatu dengan Stasiun Batutulis yang akan berkonsep TOD. Hal ini menjadikan kawasan tersebut sebagai tujuan wisata.

Baik bagi penumpang KA Bogor-Sukabumi maupun bagi warga sekitar yang hanya akan berkunjung ke kawasan tersebut. “Jadi nanti bisa menikmati suasana di sekitar Batutulis dengan mobil, bus, atau kereta api. Tapi konsepnya masih difinalisasi dengan Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Bandung,” jelas Bima Arya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button