Pemkab Bogor berencana menjadikan Cijeruk sebagai sentra bibit durian - WisataHits
Jawa Barat

Pemkab Bogor berencana menjadikan Cijeruk sebagai sentra bibit durian

Kabupaten Bogor (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat berencana menjadikan Kecamatan Cijeruk sebagai sentra bibit durian, karena diyakini bibit dari daerah ini bisa menghasilkan durian berkualitas.

“Jadi kalau ada wisatawan yang datang ke Kabupaten Bogor dan ingin mencoba durian bisa diundang ke Cijeruk,” kata Pj Bupati Bogor Iwan Setiawan, Rabu di Cijeruk, Bogor.

Menurut dia, rencana menjadikan Cijeruk sebagai sentra benih durian akan dibantu dengan pembangunan rest area di sekitar Cijeruk. Dengan demikian, rest area akan menjadi lokasi sentra benih durian.

Baca Juga: Cagar Budaya Bogor “Angklung Gubrak” Dulu Pikat Wisatawan

Namun, Iwan berpesan kepada instansi terkait untuk memberikan pembinaan yang maksimal kepada para petani di Cijeruk agar bibit durian yang dihasilkan berkualitas terbaik.

“Oleh karena itu, perlu pembinaan yang maksimal bagi para petani di Cijeruk, menuju petani modern dan petani milenial, agar mereka memiliki keterampilan yang baik tidak hanya dalam proses bertani tetapi juga dari pengemasan hingga pemasaran yang baik,” kata Iwan.

Sementara itu, Camat Cijeruk Bangun Sapta mengatakan, cukup banyak petani dari daerah lain yang mengambil bibit durian dari daerahnya.

Baca Juga: Pemkab Bogor Siap Gelar Jambore Desa Wisata Bulan Agustus

Ia juga meminta warga Bogor juga menanam bibit durian dari Cijeruk agar sama-sama bisa menikmati buah durian yang berkualitas.

“Jika daerah lain hanya menanam benih dari kami, mengapa kami tidak mencoba menanamnya? Bahkan, saya menuntut agar setiap warga bisa menanam minimal satu pohon durian. Alhamdulillah kami sudah menuai buah dan juga benihnya,” kata Bangun.

Endang Supriatna, perwakilan Kelompok Tani Muda Berkah di Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, menjelaskan bibit durian sudah ditanam di desanya sejak tahun 1980-an. Seiring berjalannya waktu, budidaya bibit durian semakin berkembang dan menjadi mata pencaharian masyarakat kecamatan Cijeruk.

Baca Juga: Pemkab Bogor Berusaha Kembalikan Daya Tarik Puncak di Mata Negara Lain

Menurutnya, saat ini budidaya bibit durian sudah umum tidak hanya di Desa Palasari tetapi bahkan di beberapa desa di Kecamatan Cijeruk.

“Alhamdulillah banyak pihak luar yang belajar dari kami, salah satunya dari Majalengka. Pada kesempatan yang baik ini kami mohon dukungan dari Plt. Bupati Bogor untuk dapat mendukung pertanian kita. Baik dalam bentuk penjualan maupun pemasaran,” kata Endang.

Source: megapolitan.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button