Pemkab Pamekasan promosikan Desa Plesir untuk mendongkrak desa wisata - WisataHits
Jawa Timur

Pemkab Pamekasan promosikan Desa Plesir untuk mendongkrak desa wisata

Pemkab Pamekasan promosikan Desa Plesir untuk mendongkrak desa wisata

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan terus berinovasi memperkuat sektor ekonomi desa. Ini ditunjukkan olehMulailah Program Plesir Desa di Destinasi Wisata Desa Bukit Kehi, Desa Kertagenah Daya, Kecamatan Kadur, Pamekasan, Rabu (14/12/2022).

Awal Kegiatan tersebut dilakukan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan Fathorrachman, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pamekasan Mukhlis, Dandim 0826 Pamekasan Lt. Kolonel Inf Ubaidillah dan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Pamekasan.

dalam Mulailah Turut hadir para kepala desa, camat dari 13 kecamatan dan ketua organisasi pimpinan daerah (OPD).

Menurut Baddrut Tamam, Bupati Pamekasan, peningkatan ekonomi desa melalui pemetaan potensi merupakan salah satu cara untuk mendorong siklus pertumbuhan ekonomi desa. Oleh karena itu, keberadaan program Plesir Desa tidak hanya menawarkan keindahan destinasi wisatanya, namun merupakan hasil pengembangan potensi desa buah dari program Desa Tematik.

“Disini ada Wisata Bukit Kehi, isinya sebagian wisata, tapi wisatanya bukan hanya suasananya, tapi juga oleh-oleh. Alhamdulillah desa binaan melalui desa tematik sudah mengintegrasikan dan mengkomersialkan hasil potensinya di destinasi yang termasuk dalam program Plesir Desa,” ujarnya, Rabu (14/12/2022).

Hal ini sejalan dengan keinginannya agar penciptaan kesejahteraan masyarakat dapat dimulai di desa dengan memperkuat perbaikan ekonomi masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih kepada kepala desa, camat, yang berkuasa dan masyarakat yang mau bergotong royong membangun kesejahteraan desa,” komentarnya.

Sementara itu, cakupan program Plesir Desa mencakup 8 destinasi wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kemudian bekerja sama dengan penyedia perjalanan. Dalam implementasinya nanti, menjadi sebuah perjalanan yang harus dikunjungi secara bergiliran sesuai dengan keinginan wisatawan.

Bahkan, telah ditandatangani kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diskdikbud) dan Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jawa Timur cabang Pamekasan untuk mendukung program tersebut. Tujuannya agar mahasiswa dapat berwisata ke destinasi-destinasi yang telah tergabung dalam Plesir Desa.

“Jadi cita-cita kita ekonomi mapan di Pamekasan, kalau mau liburan tidak usah jauh-jauh,” komentar ketua DPMD Pamekasan Fathorrachman.

Kepala Desa Kertagenah Daya (Kades) H. Zainani juga sangat berterima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan untuk memajukan ekonomi desa dengan mengembangkan potensi desa.

“Semoga kegiatan Plesir Desa ini dapat menjadi salah satu penggerak perekonomian di desa,” harap H. Zainani.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Penerbit : Wawan A. Husna

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button