Langkah Bantul menjadi kota kreatif untuk dunia yang lebih terbuka - WisataHits
Yogyakarta

Langkah Bantul menjadi kota kreatif untuk dunia yang lebih terbuka

Harianjogja.com, BANTUL— Menjadi salah satu kabupaten dalam ajang Kabupaten atau Kota Kreatif Indonesia (KaTa Kreatif) 2022, Bantul semakin memantapkan diri sebagai ‘Kota Kreatif Dunia’ versi UNESCO.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, ekosistem industri kreatif di Bantul sudah dibangun sejak lama. Warisan seni budaya Bantul juga bernilai tinggi mengingat Bantul juga merupakan salah satu daerah yang berkembang pesat Mataram Islam. Selain itu, SDM bidang industri kreatif di Bantul tergolong mumpuni.

“Kami di Bantul tidak perlu khawatir dengan tenaga di industri kreatif. Institusi pendidikan di Bantul, baik tingkat profesional maupun perguruan tinggi, program studi yang berfokus pada seni dan budaya semuanya tersedia. Namun, selain ketersediaan sumber daya atau pelaku industri kreatif yang kompeten, masih banyak hal lain yang berkontribusi dalam membangun dan mendukung ekosistem industri kreatif,” kata Halim dalam keterangan tertulis. Pencanangan Bantul Menuju Jejaring Kota Kreatif Dunia di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Selasa (13/12/2022)

Selain dukungan terkait pendidikan, Bantul juga memiliki sejumlah asosiasi dan komunitas yang telah berkontribusi dalam gerakan industri kreatif. Kegiatan yang dilakukan juga terus menunjukkan tren positif. Bahkan, sejumlah pameran yang menjangkau pasar internasional rutin diadakan di Bantul.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno berharap gerakan industri kreatif yang diusung Bantul juga dapat mendorong terciptanya lapangan kerja yang lebih banyak sehingga mendukung kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: Jeep Wisata Parangtritis Dinilai Tidak Layak dan Masih Bisa Beroperasi

“Peluang industri kreatif sangat besar. Termasuk salah satu industri yang bisa diandalkan untuk bertahan di masa pandemi. Sehingga diharapkan akan semakin banyak lapangan kerja melalui industri kreatif,” kata Sandiaga.

Sementara itu, peluncuran Bantul Menuju Jejaring Kota Kreatif Dunia juga dibarengi dengan rangkaian acara unjuk potensi industri kreatif Bantul di The Ratan, Desa Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Bantul.

Acara bertajuk BICRAFEST atau Bantul International Craft and Folk Art Festival Festival tidak hanya menampilkan pagelaran budaya yang dapat disaksikan secara langsung, tetapi juga membawa produk-produk unggulan Bantul ke rangkaian workshop terkait industri kreatif yang terbuka untuk umum untuk diikuti.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button