Pemkab Pamekasan menggelar lomba desa bertema untuk mendongkrak perekonomian - WisataHits
Jawa Timur

Pemkab Pamekasan menggelar lomba desa bertema untuk mendongkrak perekonomian

Kami mengadakan pertemuan teknis pada kompetisi ini

Pamekasan (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Pamekasan di Jawa Timur menggelar lomba desa bertema untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya perekonomian kotamadya.

“Ada 17 desa yang terdaftar sebagai peserta lomba desa bertema kali ini,” kata Fathorrahman, Dinas Pemberdayaan Desa dan Masyarakat (DPMD) Pemerintah Kabupaten Pamekasan di Pamekasan, Jawa Timur, Senin.

Desa yang mendaftar sebagai peserta kompetisi ini telah mengidentifikasi tema pembangunan ekonomi desa, seperti pertanian, pariwisata, perikanan dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Dari 17 desa tersebut, tiga desa akan ditetapkan sebagai juara dan akan mendapatkan penghargaan berupa tambahan anggaran sebesar Rp 200 juta dari Pemprov Pamekasan.

“Kami mengadakan technical meeting terkait kompetisi ini dan pelaksanaannya sengaja dilakukan Agustus ini untuk merayakan kemerdekaan bangsa ini,” ujarnya.

Desa Tematik adalah program pengembangan ekonomi berbasis potensi desa yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan untuk mewujudkan pola ekonomi yang nyata dan meluas berdasarkan potensi desa.

Program ini merupakan evolusi dari program yang dimulai di Jepang yang telah berhasil membangun pertumbuhan ekonomi yang tersebar berdasarkan potensi desa.

“Jika di Jepang ‘sebuah desa, sebuah produk/Satu desa, satu produk‘, saya telah memilih desa bertema yang memiliki tema khusus pembangunan ekonomi,” kata Bupati Pamekasan Baddrut Tamam pada acara pelantikan kepala desa.

Melalui program ini, Bupati berharap perekonomian di Pamekasan juga dapat berkembang secara berarti di pedesaan.

“Dan melalui program desa tematik ini, upaya pemerintah kabupaten untuk memajukan pembangunan ekonomi desa tentunya akan lebih fokus. Ketika Desa A mengembangkan tema sebagai desa wisata, program bantuan pemerintah kabupaten fokus pada pengembangan ekonomi desa,” ujarnya menjelaskan.

Jumlah desa di Kabupaten Pamekasan adalah 178 desa yang terbagi dalam 13 kecamatan. Dari jumlah tersebut, 17 desa telah menetapkan tema pembangunan ekonomi.

“Jadi kali ini desa yang sudah menentukan pengembangan tema diikutsertakan dalam lomba desa tematik. Lainnya yaitu yang belum menentukan pilihan topik, akan terus kami promosikan, karena ini semua untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat desa,” kata Ketua DPMD Kabupaten Pamekasan Fathorrohman.

Baca Juga: Kemenag Pamekasan Cegah Penyebaran COVID-19 Saat Haji Tiba
Baca Juga:Pamekasan Tingkatkan Operasi Penegakan Disiplin
Baca Juga: 38 Mahasiswa Pamekasan Perjuangkan Kuota Beasiswa Kedokteran Unair

Reporter: Abd Aziz
Penerbit: Ganet Aerospace
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button