5 Soto Terkenal di Solo yang Wajib Dicoba Saat Liburan - WisataHits
Jawa Tengah

5 Soto Terkenal di Solo yang Wajib Dicoba Saat Liburan

solo

Soto adalah makanan yang kuahnya dimasak terpisah dan ditambahkan isinya sesaat sebelum disajikan. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto dengan ciri khas yang berbeda-beda, termasuk kota Solo. Berikut 5 stand soto terkenal di Solo yang bisa dijadikan referensi wisata kuliner Anda.

Soto khas Solo ini dikenal memiliki kuah bening. Namun, bukan berarti Soto Solo tidak kaya rasa. Cicipi kesegaran Soto Solo di salah satu dari 5 soto terkenal berikut ini.

1. Soto Triwindu

Soto Triwindu terletak di Jalan Teuku Umar, RT 01 RW 01, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Dikutip dari Google Review diakses dari detikJateng pada Kamis (22/12/2022), Soto Triwindu buka setiap hari mulai pukul 05.30 hingga 15.30 WIB. Tidak jarang Soto Triwindu habis sebelum jam tutup.

Dilihat dari foto menu yang diambil pada Juni 2022, harga seporsi Soto Triwindu adalah Rp 17.000 yang bisa dikonsumsi di stand. Kalau dibawa pulang, harganya Rp 18.000. Nasi putih harganya Rp 4.000.

Irisan lauk di Soto Triwindu harganya Rp 18.000 per porsi. Lauk pauk daging sapi antara lain empal, lidah, paru, iso, babat, limpa, otak dan pasir. Soto Triwindu juga menawarkan pilihan gorengan seharga Rp 3.000 diantaranya tempe, tahu, lentho, cake, bakwan dan mendoan.

2. Soto Gading 1

Alamat Soto Gading Jalan Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. Soto Gading buka setiap hari mulai pukul 06.00-15.00 WIB. Soto Gading 1 memiliki beberapa cabang, salah satunya terletak di Jalan Veteran, Solo.

Dalam foto menu yang diambil pada Juli 2022, seporsi Soto Gading 1 dengan nasi terpisah harganya Rp 18.000. Harga nasi soto campur dan nasi setengah soto Rp 13.000.

Suplemen yang ada di Soto Gading 1 terbilang lengkap. Sate yang ada di Soto Gading 1 ini terdiri dari beberapa varian antara lain Sate Paru, Brutu, Kikil, Uritan, Sate Sapi, Sate Lilit, Sate Usus, Sate Ayam dan Sate Kulit. Harganya berkisar antara Rp6.000 hingga Rp10.000. Ada juga galantin, perkedel, sosis telur, bratwurst, risole dan bakwan udang.

3. Soto Seger Hj Fatimah

Soto Seger Hj Fatimah terletak di Jalan Bhayangkara No.72a, Tipes, Kecamatan Serengan, Kota Solo. Toko Soto ini buka setiap hari mulai pukul 05.30 hingga 20.00 WIB.

Seperti namanya, sup di toko ini memang terkenal segar. Meski Soto Seger Hj Fatimah terkenal di Solo, namun berasal dari Kabupaten Boyolali. Dilihat dari akun Instagramnya @sotosegerhjfatimah, stand soto ini memiliki cabang di Klaten, Salatiga, Magelang, dan Jogja.

Berapa harga menunya? Silakan cek Instagram.

4. Soto Kirana

Alamat Soto Kirana No.68 Jalan Moh Yamin, Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Solo. Soto Kirana buka setiap hari mulai pukul 06.00-15.00 WIB. Menurut komentar di Google Review, Soto Kirana terkenal dengan kuahnya yang kaya rasa.

Dilihat dari screenshot salah satu aplikasi pesan antar makanan di feed Instagram @sotokirana, harga soto ayam satu batch adalah Rp 15.000. Seporsi sop daging sapi harganya Rp 17.500. Harga tersebut belum termasuk beras.

5. Soto Seger Mbok Giyem

Soto Seger Mbok Giyem terletak di Jalan Kapten Piere Tendean, Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Dilihat dari akun Instagram @sotosegeermbokgiyem.id, toko soto ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-20.00 WIB. Toko ini memiliki cabang di beberapa daerah, termasuk Klaten.

Selain kuahnya yang segar, Soto Mbok Giyem juga terkenal dengan dagingnya yang kaya rasa. Berapa seporsi soto dan daftar lauk pauknya, silahkan cek akun Instagram mereka.

Tonton Video Ganjar Bicara Inflasi Saja: Banyak Acara Sampai Jumpa, Kaesang Nikahan
[Gambas:Video 20detik]
(dil/tahun)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button