Pencatatan jejak budaya Osing Kemiren dalam buku hasil kerjasama antara BI dan Perpusnas - WisataHits
Jawa Timur

Pencatatan jejak budaya Osing Kemiren dalam buku hasil kerjasama antara BI dan Perpusnas

Liputan6.com, Banyuwangi – Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menerbitkan buku berjudul “Merekam Jejak Budaya Osing Kemiren” untuk mendukung pariwisata di Bumi Blambangan Banyuwangi.

Buku tersebut merangkum keragaman budaya dan tradisi masyarakat Osing di Desa Kemiren Banyuwangi. Desa adat ini sengaja dipilih karena kemampuannya mengubah diri menjadi destinasi wisata unggulan.

“Potensi Desa Kemiren sangat luar biasa. Mulai dari budaya, tradisi, masakan dan peralatan makannya sudah melegenda. Itu yang mendorong kami memesannya,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember, Yukon Afrinaldo. Selasa (13/12/2022).

Melalui buku, lanjut Afrinaldo, atau biasa disapa Aldo, diharapkan kekayaan budaya ini dapat dilestarikan.

“Cerita tentang budaya masyarakat Desa Kemiren ini perlu disebarluaskan. Ini juga sebagai upaya melestarikan budaya,” imbuhnya.

Selain itu, tambah Aldo, seni dan budaya berperan dalam upaya pemulihan ekonomi. Keaslian seni dan budaya yang terus dipupuk akan menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Tentunya dapat berdampak pada perputaran ekonomi penduduk.

“Kekayaan seni dan budaya kita bisa dimaksimalkan untuk mendongkrak perekonomian. Salah satunya adalah pengembangan desa wisata tradisional,” ujar Aldo.

Ipuk Fiestiandani, Bupati Banyuwangi, berterima kasih atas dukungan BI terhadap pengembangan desa wisata tradisional di Banyuwangi.

“Semoga kegiatan ini dapat berdampak pada peningkatan kualitas desa wisata di Indonesia, termasuk yang ada di Banyuwangi,” kata Ipuk.

Warga Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur punya tradisi minum sepuluh ewu gratis di pinggir jalan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button