Pemkab Bandung Barat akan mengoptimalkan peningkatan infrastruktur jalan - WisataHits
Jawa Barat

Pemkab Bandung Barat akan mengoptimalkan peningkatan infrastruktur jalan

SuaraBandungBarat.id– Pemerintah Kabupaten Bandung Barat terus berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan sejumlah permasalahan terkait infrastruktur khususnya jalan di wilayahnya.

Hengky Kurniawan, Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Bandung Barat, mengatakan serangkaian jalan rusak milik provinsi, kabupaten dan desa akan menjadi rekor untuk ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

“Kondisi jalan yang rusak akan kami laporkan ke pihak berwajib. Misalnya, kalau jalan itu kewenangan provinsi, akan segera kami serahkan ke pemerintah provinsi untuk ditindaklanjuti,” ujarnya, Rabu (19/10/2022).

Ditambahkannya, salah satunya adalah Jalan Kolonel Masturi yang berada di kawasan wisata Curug Pelangi yang sudah hampir setahun dilanda longsor dan belum diperbaiki dan diserahkan ke pemerintah provinsi. Selain itu, jalan tersebut merupakan akses jalan yang strategis menuju kawasan wisata.

Baca Juga: Pengakuan Denise Chariesta, RD Simpan Video ‘Aneh’-nya di Ponsel RD

“Kondisi jalan sudah kami laporkan ke Pemprov. Menurut informasi, saat ini jalan tersebut belum bisa diperbaiki dan perlu dibuka akses jalan baru, dan ini sedang disiapkan oleh Pemprov karena anggarannya cukup besar,” katanya.

Untuk jalan yang menjadi kewenangan kabupaten, Hengky mengatakan pihaknya saat ini fokus memperbaiki akses jalan di wilayah selatan Kabupaten Bandung Barat yang menelan anggaran Rp 285 miliar yang sudah hampir selesai.

“Jalan selatan akan kami selesaikan sekaligus perbaikan jalan lingkungan secara bertahap,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya telah menghitung kebutuhan anggaran yang dibutuhkan untuk memaksimalkan peningkatan akses jalan di seluruh wilayah Kabupaten Bandung Barat sekitar 120 kilometer dari total 536 kilometer.

“Menurut perhitungan, dibutuhkan anggaran Rp 1,5 triliun untuk memperbaiki jalan rusak yang panjangnya sekitar 120 kilometer itu,” katanya.

Baca Juga: Iwan Bule Main Bola Dengan Presiden FIFA Usai Pemakaman Korban ke-133 Tragedi Kanjuruhan, Soal Komnas HAM

Namun sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat belum mampu melaksanakan perbaikan infrastruktur secara optimal. Selain itu, kondisi rumah tangga yang belum pulih pasca dilanda pandemi COVID-19 yang muncul selama dua tahun terakhir.

“Mudah-mudahan ekonomi pulih pada 2023 dan tentunya masyarakat diminta bersabar sekarang. Semoga PAD kita semakin meningkat dan berdampak positif bagi masyarakat Bandung Barat,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button