Peningkatan infrastruktur jalan menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Malang tahun 2022 - 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Peningkatan infrastruktur jalan menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Malang tahun 2022 – 2023

Klikwarta.com, Kabupaten Malang – Infrastruktur jalan akan menjadi fokus Pemkab Malang pada 2022 dan 2023. Khususnya, akses jalan menuju destinasi wisata. Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPU BM) Kabupaten Malang juga telah menyiapkan grand blueprint percepatan revitalisasi sektor ekonomi kreatif Kabupaten Malang. Salah satunya adalah usulan peningkatan kualitas jalan di Kementerian PUPR.

Plt Direktur Pekerjaan Umum Jalan Raya Kabupaten Malang, Suwiknyo mengatakan, akses jalan di Kabupaten Malang, khususnya yang menuju ke destinasi pantai Malang Selatan, selama ini belum maksimal.

Banyak hal yang menjadi kendala. Tidak hanya sebatas alokasi anggaran daerah, tetapi juga persoalan daerah. Padahal, pusat wisata tidak akan benar-benar hidup jika tidak bisa dijangkau dengan kendaraan besar. Terutama bus wisata dan biro perjalanan.

“Tahun ini kami mencoba menyelesaikan masalah tersebut dengan mengusulkan rancangan jaringan jalan kepada pemerintah pusat untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jalan daerah,” kata Suwiknyo.

“Misalnya jalan daerah di daerah Bantur,” lanjutnya.

Koridor jalan di kawasan Bantur diprediksi dapat dimulai pada tahun 2023. Secara teknis, jalan eksisting akan diperlebar.

Dengan begitu, bus pariwisata yang membawa wisatawan lokal dan mancanegara dapat dengan mudah melewatinya. Misalnya jalur Gondanglegi menuju Bantur.

Seperti diketahui, jalur Gondanglegi-Bantur menuju JLS selama ini relatif sempit. Bahkan lebar jalan tidak rata. Oleh karena itu kurang strategis bila dijadikan jalur utama menuju pantai selatan.

Sambil menunggu perbaikan jalan di koridor tersebut, Bina Marga pun mengajukan proposal pembangunan rest area di kawasan JLS. Tak hanya itu, PU Bina Marga Kabupaten Malang juga berusaha menjawab keluhan masyarakat Bantur. Sejumlah ruas jalan rusak yang dikeluhkan warga setempat terkendala anggaran perbaikan.

Perbaikan sudah dilakukan, tidak semua, tapi setidaknya di beberapa tempat yang tergolong rusak berat. Misalnya perbaikan jalan di Dusun Bandung, Desa Bantur, Kecamatan Bantur.

“Benar itu proyek Bina Marga dalam APBD Kabupaten Malang tahun 2022,” pungkas Suwiknyo, Kamis (15/12/2022).

(Wartawan: Edi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button