Pemerintah kota sedang membangun jalan baru untuk mendukung pariwisata di Madiun - WisataHits
Jawa Timur

Pemerintah kota sedang membangun jalan baru untuk mendukung pariwisata di Madiun

Pemerintah kota sedang membangun jalan baru untuk mendukung pariwisata di Madiun

Kota Madiun (ANTARA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) sedang membangun lima ruas jalan baru untuk mendukung akses transportasi warga dan sektor pariwisata setempat.

Dalam keterangannya, Kepala Dinas PUPR Kota Madiun Suwarno mengatakan, proses pembangunan lima ruas jalan baru tersebut sudah berlangsung sejak 2022.

“Total panjang kelima jalan baru itu sekitar 2,46 kilometer,” kata Suwarno, Jumat di Madiun.

Kelima ruas jalan baru tersebut adalah jalan di Warung Semende-Klegen Bumi, jalan utama melalui Warung Manisrejo-Banjarejo, Jalan Letkol Suwarno 2, Jalan Sendang dan jalan perintis di kawasan Peceland, Desa Nambangan Lor.

Secara khusus, jalan di kandang UMKM Bumi Semende-Klegen dimaksudkan sebagai akses infrastruktur pembangunan Pondok Lansia. Sedangkan pemotongan jalan di Nambangan Lor direncanakan untuk pengembangan kawasan wisata Peceland.

“Pembangunan jalan baru ini menghubungkan kawasan produktif di Kota Madiun. Misalnya kawasan wisata dan UMKM,” ujarnya.

Suwarno mengklaim hampir seluruh ruas jalan di kawasan Kota Madiun dalam kondisi baik. Dari total panjang jalan sepanjang 433.095 kilometer, 98 persen dalam kondisi baik atau stabil, sehingga hanya sekitar 2 persen yang dalam kondisi buruk.

Sementara itu, kata dia, jalan yang rusak bukanlah jalur yang strategis. Salah satunya jalan di pinggir sawah dan juga jalan percontohan yang menghubungkan stand UMKM seperti : B. Jalur penghubung UMKM berada di Desa Manisrejo dan Banjarejo yang saat ini sedang dibangun.

Secara umum, Pemkot Madiun mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk program perbaikan dan pemeliharaan jalan setiap tahunnya. Anggaran tersebut diperuntukkan untuk peningkatan kapasitas jalan, pembangunan dan peningkatan, pengaspalan hingga pemeliharaan rutin.

“Kalau ada jalan di Kota Madiun yang rusak sedikit saja akan ada keluhan. Sehingga bisa segera diperbaiki,” ujarnya.

Dengan adanya akses jalan yang memadai, ia berharap akses transportasi, bisnis dan pariwisata di Kota Madiun semakin meningkat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button