Pemerintah Kabupaten Majalengka dengan bangga menerima Pernyataan WTP kesembilan berturut-turut dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia - WisataHits
Jawa Barat

Pemerintah Kabupaten Majalengka dengan bangga menerima Pernyataan WTP kesembilan berturut-turut dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten Majalengka (Kabupaten Majalengka) Jawa Barat kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI).

Penghargaan ini menandai tahun kesembilan berturut-turut yang diraih Pemerintah Kabupaten Majalengka atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan 2021.

Selain itu, pada kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Majalengka juga mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Indonesia atas perolehan laporan WTP sebanyak 5 kali berturut-turut untuk pelaporan keuangan dari tahun 2017 hingga 2021.

Tentu saja ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan dan harus dipertahankan untuk tahun-tahun mendatang. Penghargaan tersebut diterima langsung dari Bupati Majalengka Karna Sobahi pada Rabu (9/11/2022).

Bupati Majalengka Karna Sobahi mengaku sangat bersyukur Kabupaten Majalengka berhasil meraih penilaian WTP ke-9 berturut-turut. Tentunya ini adalah kerja keras semua pihak dan modal untuk terus mengabdi dan berkarya untuk pemerintah Majalengka yaitu Raharja.

Menurutnya, kinerja ini diharapkan dapat dipertahankan dengan tetap disiplin dalam setiap proses pengelolaan keuangan mulai dari perencanaan, penganggaran, pengelolaan dan pelaporan pada setiap kegiatan dan program.

“Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri, namun koreksi penghargaan ini dimaksudkan untuk memacu pembenahan dan pembenahan lebih lanjut dalam tata kelola khususnya di bidang keuangan agar lebih tertib dan baik lagi,” kata Karna Sobahi.

Tidak hanya itu, ia juga berharap pencapaian ini menjadi pemacu dan pemacu bagi seluruh ASN untuk bekerja lebih baik lagi dalam meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan. “Untuk mencapai laporan WTP ini, modal dasarnya adalah kolaborasi, koordinasi, sinkronisasi dan komunikasi antar seluruh jajaran OPD,” ujarnya.

WTP-Majalengka.jpg

Bupati menambahkan, pengelolaan keuangan daerah harus tetap berjalan dengan maksimal di masa pandemi COVID-19. Opini ini merupakan opini profesional BPK atas kewajaran informasi keuangan Pemprov Majalengka tahun 2021.

“Kami memperoleh WTP ini karena laporan keuangan yang kami sajikan dianggap sebagai informasi yang dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan bukti audit yang kami kumpulkan. Pemkab Majalengka juga telah menerapkan prinsip akuntansi yang berlaku umum,” ujarnya.

Bupati Majalengka juga menyampaikan bahwa kejujuran, keikhlasan dan kerja keras merupakan prinsip utama bagi setiap orang yang terlibat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dengan kejujuran dan ketulusan, pengelolaan keuangan akan tetap pada jalurnya dan terhindar dari kesalahan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Majalengka Edy Anas Junaedi mengatakan, menerima penghargaan WTP ke-9 kali ini merupakan kebanggaan dan membanggakan sebagai bentuk konsistensi dalam mematuhi peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

“Jarang kabupaten lain atau daerah lain menerima dua penghargaan sekaligus. Jadi kita patut bersyukur Pemerintah Kabupaten Majalengka mendapat penghargaan ini,” ujarnya.

Namun, tambah Edy, WTP bukan berarti segalanya, harus mampu memotivasi untuk meningkatkan kinerja.

“Bagaimana bisa mengikuti peraturan perundang-undangan. Untuk memberikan pelayanan terbaik dalam pembangunan masyarakat,” ujar Ketua DPRD Majalengka kinerja pemerintah dalam memenangkan laporan WTP untuk 9 tahun berturut-turut.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button