Bupati Lumajang menerima penghargaan Nirwasita Tantra empat kali berturut-turut - WisataHits
Jawa Timur

Bupati Lumajang menerima penghargaan Nirwasita Tantra empat kali berturut-turut

Lumajang (ANTARA) – Bupati Lumajang Thoriqul Haq kembali meraih penghargaan Nirwasita Tantra Green Leadership Award 2021, menjadi penghargaan keempat berturut-turut sejak 2018 bagi Bupati yang biasa disapa Cak Thoriq.

“Saya bersyukur atas penghargaan Nirwasita Tantra yang kami terima. Saya berkomitmen untuk melestarikan lingkungan secara berkelanjutan,” katanya dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Lumajang, Jawa Timur, Kamis.

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan pemerintah yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan/atau program kerja sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Anugerah Nirwasita Tantra 2021 merupakan penghargaan keempat Thoriqul Haq sejak menjabat Bupati Lumajang pada 2018.

“Saat ini diperlukan kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Ia mencontohkan pengelolaan lingkungan berbasis perhutanan sosial, seperti yang diterapkan di objek wisata Siti Sundari dan Bumi Perkemahan Glagah Arum di Kecamatan Senduro.

“Konsep perhutanan sosial melibatkan pelibatan masyarakat dalam program pemberdayaan sehingga masyarakat mendapat manfaat dan nilai ekonomi,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah juga memiliki kebijakan untuk mengakomodir setiap harapan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan agar kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi.

“Jika gereja tidak memiliki sedikit pun pemikiran, itu akan terjadi. Kami bekerja sama dengan masyarakat, memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat melalui perhutanan sosial, masyarakat akan menjaga hutan,” ujarnya.

Cak Thoriq juga didaulat menjadi salah satu pembicara dalam talkshow Satu Bumi untuk Masa Depan Berkolaborasi Anak Muda Cinta Lingkungan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Sementara itu, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong memberikan apresiasi kepada para pemimpin daerah dan juru kampanye lingkungan yang berkomitmen untuk melestarikan lingkungan melalui perannya masing-masing.

Menurutnya, para penerima Nirwasita Tantra dan Kalpataru telah menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan, yang usahanya berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Mereka yang memiliki rekam jejak yang terbukti peduli, terlibat, berinisiatif, berinovasi, termotivasi dan kreatif untuk menjaga lingkungan secara berkelanjutan sehingga berdampak positif,” ujarnya.

Ia menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan upaya memotivasi upaya konservasi secara berkelanjutan dan merupakan amanah bagi penerimanya untuk terus melestarikan alam di bumi.

Penghargaan diserahkan pada Rabu (20/7) oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong di Auditorium Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti Jakarta.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button