Pemerintah Kabupaten Lamongan mendorong peningkatan ekonomi melalui jalan tol baru dan mengusulkan pintu keluar di 3 kecamatan - WisataHits
Jawa Timur

Pemerintah Kabupaten Lamongan mendorong peningkatan ekonomi melalui jalan tol baru dan mengusulkan pintu keluar di 3 kecamatan

SURYA.CO.ID, LAMONGAN – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai mensosialisasikan rencana pembangunan Jalan Tol Gresik – Lamongan – Tuban kepada pemangku kepentingan di Kabupaten Lamongan.

Bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lamongan, Kementerian PUPR menggelar konsultasi publik pada Selasa (6/12/2022) di Desa Rejosari, Kecamatan Deket.

Konsultasi publik tersebut penting dilakukan sebagai bagian dari pembangunan jalan tol yang akan melintasi 8 kecamatan dan 40 desa tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamongan Moh Nalikan mengatakan, pembangunan jalan tol tidak hanya akan meningkatkan akses transportasi umum tetapi juga mempercepat pertumbuhan ekonomi.

“Total ada 8 kecamatan dan 40 desa yang dilintasi tol. Saat ini masih dalam proses review desain dan perencanaan. Setelah itu baru dilakukan pembebasan lahan,” kata Nakikan.

Nalikan mengatakan Pemerintah Kabupaten Lamongan juga sangat berkepentingan dengan adanya jalan tol baru yang berdampak positif bagi perekonomian daerah. Untuk itu, Pemkab mengusulkan nantinya ada 3 pintu masuk dan keluar tol di Lamongan.

Gardu tol yang diusulkan direncanakan untuk kabupaten Lamongan Kota, Sukodadi, Paciran dan Babat. “Kami usulkan di Kota Lamongan, kemudian di kawasan Jalan Raya Sukodadi, Paciran, dan di Kabupaten Babat,” terangnya.

Nalikan menjelaskan tujuan akses gardu tol di titik-titik tersebut adalah untuk mempermudah akses menuju kawasan wisata dan pusat komersial Lamongan. Pemkab juga mengusulkan tempat istirahat atau rest area berada di kawasan Lamongan.

Semua ini dirancang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Lamongan yang dikenal sebagai kota yang kaya akan kuliner dan produk UMKM. “Makanya kami ingin hadir dan memperkenalkan produk UMKM dan potensi Lamongan seutuhnya kepada para pengguna jalan tol yang melintas,” ujarnya.

Dia berharap usulan itu bisa berjalan agar perekonomian Lamongan tumbuh seiring dengan dibangunnya jalan tol yang melintasi wilayahnya. ****

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button