Asppi optimis perekonomian membaik dan mengklaim tiket destinasi wisata laris manis - WisataHits
Jawa Timur

Asppi optimis perekonomian membaik dan mengklaim tiket destinasi wisata laris manis

Asppi optimis perekonomian membaik dan mengklaim tiket destinasi wisata laris manis

LENSINDONESIA.COM: Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (Asppi) senang saat pemesanan paket wisata mulai mengalir kembali dan hampir merata di seluruh tempat wisata di Indonesia.

Agus Pahlevi MPar, Ketua Umum Asppi, mengatakan pergerakan wisatawan Indonesia sangat tinggi. Meski harga tiket pesawat mahal, destinasi wisata seperti Bali, Lombok, Nusa Tenggara, Labuan Bajo, Bangka Belitung, Yogyakarta, dan Bandung selalu ramai di setiap hari libur.

“Tiket pesawat susah dicari setiap akhir pekan!” ujarnya di sela-sela acara Asppi Kopdarnas di Kota Batu, Rabu (12/10/2022).

Ditambahkannya, wisatawan lokal yang menggunakan kendaraan pribadi juga sangat ramai. Selain itu, pemerintah terus membangun jalan tol, mempercepat perjalanan wisata.

Memang, lanjut Agus, industri pariwisata semakin optimis mampu menjadi andalan pergerakan ekonomi masyarakat.

“Seiring majunya industri pariwisata, multiplayer effect secara tidak langsung akan dinikmati oleh masyarakat, baik itu UKM, pedagang maupun nelayan,” ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan sektor pariwisata terkait dengan sektor lain, sehingga proses pemulihan ekonomi bisa lebih optimal.

Perekonomian Indonesia bisa mengandalkan aspek pariwisata
Agus menjelaskan, kebangkitan industri pariwisata tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Sebaliknya, berbagai pihak perlu dilibatkan, atau tren saat ini adalah kolaborasi.

“Saya mengapresiasi keseriusan luar biasa pemerintah. Tidak hanya di pusat tetapi juga di tingkat daerah, semua orang membicarakan pariwisata dan industri kreatif,” tambahnya.

Diinformasikan, Kopdarnas V Asppi kali ini dipusatkan di Kota Batu (Jawa Timur) dan berlangsung selama tiga hari (Selasa-Kamis, 13-11/10/2022).

Kegiatan Kopdarna diawali dengan kunjungan wisata petik apel, kemudian kunjungan ke World Music Museum dan The Legend Star, Jatim Park 3.

Agenda rutin yang diadakan setiap empat tahun sekali ini diikuti oleh seluruh anggota Asppi antara lain travel agent, tour guide, hoteliers, tour operator, restoran, maskapai penerbangan, souvenir, perusahaan transportasi dan pengelola objek wisata dari seluruh Indonesia.

“Kami mengajak peserta ke beberapa objek wisata yang ada di Kota Batu, baik wisata buatan, wisata alam maupun wisata petualangan,” ujar Eko Mujiono SE MM, Ketua Asppi DPD Jatim.@Rel-Licom

Source: www.lensaindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button