Pemerintah Kabupaten Garut meminta pemerintah provinsi dan pusat untuk membantu mengembangkan pariwisata di pantai selatan - WisataHits
Jawa Barat

Pemerintah Kabupaten Garut meminta pemerintah provinsi dan pusat untuk membantu mengembangkan pariwisata di pantai selatan

Pengembangan pariwisata di Garut dapat dilakukan dengan dibangunnya Jalan Jawa Barat Tengah-Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melihat potensi wisata yang besar di pesisir selatan. Sepanjang 75 kilometer garis pantai selatan Kabupaten Garut terdapat sejumlah destinasi wisata pantai unggulan mulai dari Pantai Sayangheulang, Santolo, Rancabuaya, Cijeruk hingga Sancang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Agus Ismail, mengatakan potensi tersebut perlu dikembangkan dengan meningkatkan infrastruktur dan aksesibilitas. Hal ini karena sektor pariwisata memiliki efek pengganda sektor lain dan dapat mendorong perekonomian. Namun, menurut dia, pengembangan destinasi wisata di Garut Selatan membutuhkan perhatian yang signifikan dari pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dan pemerintah pusat.

“Kami berharap apa yang menjadi komitmen kita bersama, baik Pemkab Garut maupun Pemprov Jabar, termasuk Pusat, terkait pelaksanaan Perpres Nomor 87 Tahun 2021 (terkait percepatan pembangunan rebana dan wilayah Jawa barat daya) akan segera ditindaklanjuti,” katanya dalam siaran pers, Selasa (23/822).

Menurut Agus, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk pengembangan Jawa Barat Daya adalah Jalan Jawa Barat Tengah-Selatan. Jalan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan lalu lintas penumpang dan meningkatkan aksesibilitas, terutama potensi di wilayah selatan yang belum dikembangkan secara optimal.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah Garut terus meningkatkan aksesibilitas. Ia berharap dengan aksesibilitas yang tepat, dapat diangkat sebuah key point dalam pengembangan potensi di Garut Selatan.

Selain itu, Pemkab Garut juga dikabarkan bekerja sama dengan berbagai masyarakat. Ia mencontohkan, pihaknya telah bekerja sama dengan Kelompok Gerakan Pariwisata dan Kelompok Sadar Wisata untuk mengembangkan pendidikan bagi warga setempat.

“Anda akan memberikan pendidikan kepada masyarakat. Kontribusi masyarakat juga penting untuk membangun keamanan dan kenyamanan,” ujarnya.

Source: www.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button