Pemerintah dorong inovasi desa » Daerah, Headline, Malang » MITRATODAY - WisataHits
Jawa Timur

Pemerintah dorong inovasi desa » Daerah, Headline, Malang » MITRATODAY

Malang,mitratoday.com – Pemerintah Kabupaten terus mendorong setiap desa di Kabupaten Malang untuk terus berinovasi membangun desanya. Bupati Sanusi mengatakan, setidaknya setiap desa harus bisa memiliki ciri khas produk desanya.

“Harus bisa menciptakan desa, produk, desa, tujuan, artinya setiap desa harus menciptakan produk unggulan,” kata Sanusi di Poncokusumo, Rabu (23/11/2022).

Sanusi melanjutkan, Hal itu bisa dilakukan dengan anggaran yang ada di setiap desa di Kabupaten Malang melalui Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa. Artinya, sudah waktunya bagi setiap desa dengan anggaran besar untuk mengelolanya sendiri.

“Ya sudah saatnya bekerja mandiri dan berinovasi membangun desa dengan anggaran yang ada di setiap desa bernilai ratusan hingga miliaran rupiah. Yang paling penting penggunaan keuangan desa harus transparan dan bisa dipahami serta jujur, tidak ada korupsi, harus diperhatikan itu,” ujar Sanusi.

Sanusi mencontohkan di beberapa desa yang sudah mulai berkembang dan maju pesat seperti di Pujon Kidul, Sanakerto dan di Sukosari melalui wisata Sumber Maron. Menurutnya, ini adalah contoh bahwa jika sudah memiliki niat dan tekad untuk maju dalam membangun desa, ia optimis setiap desa akan berkembang dan masyarakatnya akan maju dan sejahtera.

Tidak hanya itu contoh kemajuan lainnya, kata Sanusi, seperti inovasi pengembangan pertanian alpukat pameling, pisang srimulyo dan produk pertanian lainnya.

Bahkan berkat kegigihan warga desa seperti di desa Srimulyo Dampit dengan inovasi Pisang Srimulyo, sudah ada investor yang akan membangun pabrik pengolahan tepung pisang yang mampu menghasilkan 1 juta ton per tahun, serta industri singkong di Pakis. , mengekspor sayuran di Poncokusumo,” komentar Sanusi.

Menurutnya, selama masing-masing desa ingin maju, upaya tersebut dapat dilakukan untuk mengembangkan potensi desanya.

Untuk itu, ia berharap dengan tekad yang kuat dan niat pembangunan yang baik, pihaknya optimis seluruh desa di Kabupaten Malang akan maju dan menjadi desa berkembang.

Wartawan: Sigit

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button