Pemenang Jakarta Marathon 2022 Odekta Elvina Naibaho: Modal Menuju SEA Games 2023 - WisataHits
Jawa Barat

Pemenang Jakarta Marathon 2022 Odekta Elvina Naibaho: Modal Menuju SEA Games 2023

TEMPO.CO, jakarta – Pelari nasional Odekta Elvina Naibaho mengatakan bahwa memenangkan Jakarta Marathon 2022 merupakan pengayaan dalam persiapan SEA Games 2023 di Kamboja.

Odekta menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 17 menit pada half marathon (21 kilometer) yang digelar Minggu di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Atlet binaan Badan Intelijen Negara (BIN) itu mengatakan keikutsertaannya dalam Jakarta Marathon ke-9 ini merupakan persiapan untuk rangkaian acara olahraga yang akan diikuti.

“Dalam jangka pendek, saya akan menghadiri dan mempersiapkan SEA Games tahun depan di Kamboja pada bulan Mei. Kemudian saya membuat tujuan jangka panjang saya untuk bergabung dengan tim Asian Games. Semoga target ini bisa tercapai. kata Odekta usai pertandingan.

Odekta mengaku sangat menikmati acara maraton yang digelar Pemprov melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta.

Ia mempersembahkan kemenangannya di Jakarta Marathon 2022 untuk BIN, sebagai lembaga yang membesarkannya untuk berprestasi.

“Prestasi ini saya persembahkan untuk pelatih dan keluarganya, kemudian untuk kepala BIN Prof Dr. Budi Gunawan yang mempromosikan kami. Kami mendedikasikan medali ini untuk Anda. Kemudian Deputi II BIN, Bapak Edmil Nurjamil yang memberikan dukungan yang sangat besar kepada kami. Itu menjadi energi yang sangat positif bagi saya,” kata Odekta.

Odekta juga mengapresiasi pementasan kembali Jakarta Marathon setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19. Menurutnya, Jakarta Marathon sangat cocok sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin menyalurkan minat dan minatnya pada olahraga marathon.

Meski demikian, Odekta memberikan beberapa kontribusi pada acara yang dihadiri puluhan ribu peserta tersebut. Menurutnya, ada beberapa hal teknis yang perlu diperbaiki guna meningkatkan kenyamanan peserta saat bertanding.

“Masih ada beberapa kendala, salah satunya tidak ada penunjuk kilometer, lalu sering berkerumun sehingga menyulitkan kami untuk minum. Saya berharap hal-hal ini dapat dievaluasi di masa depan. Sehingga generasi muda bisa termotivasi untuk ikut berlari di Jakarta,” ujarnya.

Melihat antusiasme anak muda yang luar biasa terhadap kompetisi marathon ini, Odekta juga berpesan kepada para pemuda agar tidak hanya berlomba-lomba cepat dalam lomba lari marathon.

Menurutnya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan jika ingin serius dalam lari maraton. Dari mengatur waktu istirahat hingga pemanasan sebelum dan sesudah pertandingan hingga mengelola hidrasi saat berlari.

Sementara itu, Arifin Abdullah, salah satu pelatih Odekta di BIN, mengaku sangat bangga dengan penampilan Odekta sebagai juara pertama kategori half marathon Jakarta Marathon 2022. Menurutnya, hasil tersebut menunjukkan kerja keras Odekta yang merupakan pelari nasional.

“Kami sangat, sangat puas dengan penampilan Odekta. Dengan waktu dan kecepatannya, dia bisa mencapai 1 (jam), 17 (menit). Ini adalah komitmennya sebagai pelari nasional. Anda bisa mengukurnya dengan apa yang dia lakukan. Dia juga pelatih di sana untuk mendukung kesiapannya menghadapi turnamen yang akan dia hadapi di masa depan,” kata Arifin.

Arifin juga berharap Odekta bisa terus meningkatkan kemampuannya agar lebih mudah meraih emas di SEA Games 2023 di Kamboja.

“Sebagai salah satu pelatih di BIN, saya memberikan program untuk memantau perkembangannya. Kami memiliki komunikasi yang baik dengan pelatih pribadinya, kami selalu mengomunikasikan bagaimana kondisinya (Odekta). Kami menargetkan dia bisa meraih medali emas di SEA Games Kamboja,” katanya.

Perlu diketahui bahwa selama berlari, Odekta telah meraih dan meraih medali emas di beberapa ajang bergengsi baik di tingkat nasional maupun internasional. SEA Games 2021 (2022) menjadi salah satu yang paling sensasional, saat itulah Odekta berhasil naik podium tertinggi marathon putri, setelah menyelesaikan lomba hingga 42 kilometer dalam waktu 2 jam 25 menit 8 detik.

Baca Juga: Deontay Wilder Kembali dan Menang dengan KO di Babak Pertama

Source: sport.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button