Libur akhir tahun, di sini 8 tol baru beroperasi - WisataHits
Jawa Tengah

Libur akhir tahun, di sini 8 tol baru beroperasi

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah saat ini sedang mempersiapkan delapan ruas tol baru yang akan dioperasikan untuk mengurai kemacetan di jalur yang ada. Untuk mendukung momentum liburan Natal dan Tahun Baru, banyak masyarakat yang mudik dan pulang kampung.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR berencana mengoperasikan delapan ruas tol yang baru selesai pembangunannya. Sebagai aturan, jalan tol yang berfungsi tidak dikenakan tarif, sehingga wisatawan dapat mencoba jalan tol baru secara gratis.

Kepala BPJT Danang Parikesit menguraikan rencana sementara jalan tol baru yang akan dioperasikan secara fungsional pada Nataru 2022, antara lain:

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

1. Jalan Tol Seksi 2 Semarang – Demak (16,31 km)

Tol pengendali banjir Semarang ini akan selesai akhir tahun untuk Seksi 2 Sayung – Demak dengan panjang 16,31 kilometer.

Diharapkan tol ini mampu mengurai kemacetan yang terjadi di Jalan Nasional Pantura menuju Demak.

2. Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 2 (20,4 km)

Jalan tol ini menghubungkan wilayah Medan dengan Parapat yang juga menghubungkan beberapa kota/kabupaten seperti Kota Tebing Tinggi, Kab. Batubara, Kab. Simalungun, Kota Pematang Siantar dan Kab. Toba Samosir.

Nantinya, setelah dioperasikan seluruh ruas (143,25 km) tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat, juga akan menjadi salah satu pintu gerbang pariwisata Danau Toba dengan waktu tempuh hanya 1,5 jam.

3. Paket Japek II Selatan 3 Sadang – Kutanegara (8.5km)

Jalan tol ini juga difungsikan secara fungsional saat arus mudik Lebaran 2022.

Dimana ini bisa menjadi jalan alternatif dari Tol Cileynyi – Purwakarta – Padalarang (Cipularang) menuju Tol Jakarta – Cikampek menuju Jakarta. Sehingga jalan tol ini dapat mengurangi kepadatan di SS Dawuan Km 67 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Bandung yang ingin melewati jalan tol Jakarta – Cikampek.

4. Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan Seksi 2 (17,05 km) dan Seksi 3 (4,05 km)

Terowongan tol terpanjang di Indonesia ini juga bisa diuji coba saat libur Nataru.

Lokasi terowongan ini berada di jalan tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) di wilayah Jawa Barat. Terowongan kembar Tol Cisumdawu memiliki panjang 472 meter dan diameter 14 meter.

Terowongan Tol Cisumdawu terletak di Seksi II Rancakalong – Sumedang, yaitu di Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

5. Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 (7,3 km) dan Seksi 6 (5 km)

Jalan tol di ujung utara Sumatera itu juga akan diuji coba saat libur Nataru. Untuk seksi 5 dan 6, progres konstruksi ditargetkan akhir tahun.

Sehingga nantinya seluruh 50 km dari Aceh – Seulimeum ​​bisa dilalui oleh pengemudi.

6. Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Ramp JC Wringanom Tahap 1 (7,45 km)

Jalan tol ini dibangun untuk mendukung konektivitas di Jawa Timur yang nantinya diharapkan dapat mendukung kelancaran konektivitas di wilayah Kabupaten Sidoarjo – Kabupaten Gresik.

Tol ini merupakan bagian dari Tol Non Trans Jawa dan nantinya akan terhubung dengan Tol Surabaya-Mojokerto. Ramp Junction Wiringinanom adalah jalan tol penghubung dari Gresik ke Mojokerto

7. Cinere – Jagorawi sepanjang seksi 3A (3 km)

Jalan tol Kukusan – Cinere juga dijadwalkan akan diuji coba pada saat libur Natal dan Tahun Baru. Hal ini memungkinkan jalan tol ini melengkapi seluruh jalan tol Cijago yang telah beroperasi sebelumnya. Yakni di Seksi 1 Jagorawi – Raya Bogor, Seksi 2 Raya Bogor – Kukusan.

Penyelesaian pembangunan jalan tol Cijago Seksi 3 akan meningkatkan konektivitas jalan tol JORR II yang akan berdampak positif dalam mengurangi kemacetan di pusat Kota Depok, mempermudah mobilitas warga dan mengurangi kemacetan di ruas jalan tol lainnya.

8. Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) Sepanjang Seksi 4A yaitu Jalan Raya 8.57km + Akses 4km = 12.57km (hanya buka di Jalur A)

Satu lagi ruas tol Trans Jawa yang akan beroperasi pada Desember 2022. Melengkapi 3 bagian sebelumnya yang sudah beroperasi.

Pengoperasian penuh Jalan Tol Paspro sepanjang 31,3 km diharapkan secara signifikan mengurangi waktu tempuh Pasuruan ke Probolinggo dari 2,5 jam menjadi 30 menit.

[Gambas:Video CNBC]

artikel berikutnya

melalui rumahmu, kan? Ini adalah daftar proyek tol terbaru di RI

(Hei/hai)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button