Pembangunan penampungan air, pengendalian debit air di permukiman - WisataHits
Jawa Barat

Pembangunan penampungan air, pengendalian debit air di permukiman

BANDING BARAT-Badan Pemangku Kepentingan Hutan (BKPH) Lembang melakukan pencegahan di kawasan hutan Cikole Lembang. Termasuk pembangunan fasilitas dan penampungan air untuk meminimalisir limpasan air yang cepat ke saluran air (drainase) yang mengalir ke pemukiman warga.

Kepala BKPH Lembang Susanto mengatakan, saat ini sedang dilakukan berbagai pencegahan di kawasan hutan Cikole Lembang. Mengingat kawasan Hutan Cikole memiliki berbagai tempat wisata dan destinasi wisata.

Susanto mengungkapkan, untuk meminimalisir derasnya aliran air saat hujan, telah dibangun penampungan air (waduk) di beberapa tempat yang menjadi saluran air yang mengalir ke pembuangan yang mengarah ke pemukiman warga yang berada di bawah Cikole. kawasan hutan Lembang.

Enam kolam yang sedang dibangun, lanjut Susanto, tersebar di beberapa titik seperti Cozy Land, Sekretariat LMDH, Area Pendakian, Parkir A dan dua kolam di Terminal Wisata Grafika Cikole.

“Kami berharap dengan membuat banyak embung, saat hujan di kawasan hutan Cikole, Lembang, air tidak langsung mengalir ke drainase yang melintasi pemukiman, tetapi ditampung terlebih dahulu,” jelas Susanto saat dihubungi kemarin.

Dengan tertutupnya saluran banjir saat hujan, Susanto mengatakan air yang masuk ke saluran drainase di luar kawasan Hitan Cikole Lembang tidak besar. Dan orang berharap apa yang terjadi beberapa waktu lalu tidak akan terjadi lagi.

“Waduk yang dibangun dengan kedalaman lima meter ini mampu menampung air yang banyak, dan aliran airnya juga didesain agar air yang keluar tidak terlalu besar,” jelasnya.

Selain itu, penataan di Kawasan Hutan Cikole Lembang juga meliputi pengaspalan jalan sepanjang dua kilometer dengan lebar enam meter dan pembangunan sistem drainase di kanan kiri jalan agar saat hujan di Kawasan Hutan Cikole Lembang, airnya tidak langsung masuk ke jalan raya.

“Drainase akan dibangun sedalam 40 sentimeter dengan lebar 40 sentimeter untuk menampung air di penampungan air yang ada,” pungkasnya..(Eco/Sep)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button