Pembangunan cable car di IKN, Menhub akan bekerja sama dengan perusahaan Austria - WisataHits
Jawa Timur

Pembangunan cable car di IKN, Menhub akan bekerja sama dengan perusahaan Austria

Memuat…

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajaki peluang kerja sama di bidang transportasi, termasuk kereta gantung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, bersama Menteri PPN/Bappenas. foto/dok

JAKARTA – Menteri Perhubungan ( Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa melakukan kunjungan kerja ke Austria pada Kamis (1 September 2022) untuk menjajaki peluang kerja sama di bidang transportasi. Salah satunya adalah pembangunan kereta gantung (kereta gantung) di Ibukota Negara (IKN) Nusantara .

“Kami akan mengembangkan kereta gantung sebagai salah satu layanan transportasi hijau yang melayani mobilitas dan pariwisata di area inti pemerintah pusat di IKN,” kata menteri perhubungan dalam sebuah pernyataan, Jumat (9 Februari 2022).

Baca Juga: Usai Amerika, Kereta Gantung Bappena Belajar untuk IKN Nusantara

Dalam kunjungan kerjanya ke Austria, Menteri Perhubungan dan Menteri PPN mengunjungi kantor Doppelmayr Garaventa Group di Wolfurt, Austria, untuk bertemu dengan CEO Doppelmayr Dr. Thomas Pichler, serta melihat secara langsung sistem konstruksi dan manajemen kereta gantung.

Doppelmayr Garaventa Group adalah produsen internasional kereta gantung dan penggerak orang untuk resor ski, lalu lintas kota, taman hiburan, dan teknologi konveyor. Pada 2019, perusahaan telah menyelesaikan lebih dari 15.000 instalasi di 96 negara.

Menurut Menhub, kunjungan tersebut memberikan wawasan berharga tentang teknologi kereta gantung yang dikembangkan oleh Doppelmayr. Selain itu, ia juga mengapresiasi langkah serius BPN dalam mempersiapkan IKN.

Sementara itu, Menteri Perhubungan menyatakan kereta gantung nantinya akan berfungsi sebagai layanan transportasi untuk menghubungkan kawasan bisnis dan komersial dengan kawasan pemukiman di IKN.

Baca juga: Luhut Dukung Rencana Pembangunan Kereta Gantung di Wilayah Malang Raya

Selain IKN, kereta gantung juga dapat digunakan di sejumlah daerah di Indonesia untuk menghubungkan daerah perbukitan atau sulit dijangkau dan dijadikan sebagai objek wisata.

Dalam kesempatan ini, Menhub juga mengundang Doppelmayr dan sejumlah perusahaan di Austria untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan sistem transportasi kereta api di Indonesia, khususnya kereta gantung.

Ini termasuk bekerja pada pengembangan personel dalam teknologi kereta gantung, melalui pelaksanaan program pertukaran personel dan program lainnya.

(akr)

Source: ekbis.sindonews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button