Pemandangan Wisata Palutungan yang menyuguhkan keindahan alam Ceremai - WisataHits
Jawa Barat

Pemandangan Wisata Palutungan yang menyuguhkan keindahan alam Ceremai

Wisata Palutungan merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Barat, tepatnya di Desa Palutungan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, dan terletak di kaki gunung tertinggi di Jawa Barat yaitu Gunung Ceremai.

Tempat wisata di Kuningan ini menjadi salah satu tempat wisata alam yang paling populer di Jawa Barat, terutama saat musim liburan. Lokasi ini hanya berjarak 11 kilometer (km) dari pusat kota atau sekitar 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Dikutip dari situs disparbud.jabarprov.go.id, nama “Palutungan” berasal dari lutung atau sejenis kera yang hidup di sekitar Gunung Ceremai. Objek wisata ini dibangun pada tahun 1984 dengan luas 50 hektar (ha).

Karena terletak di kaki Gunung Ceremai, wisata Palutungan menjadi jalan bagi para pendaki untuk memulai pendakian ke puncak Gunung Ciremai.

Tempat wisata alam Palutungan tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas liburan seperti persewaan tenda dan permainan. rubah terbang.

Objek wisata Palutungan

1. Air Terjun Putri

Ada berbagai destinasi bawaan di tempat ini mulai dari air terjun hingga berbagai spot foto. Curug Putri misalnya, tempat ini menjadi favorit para wisatawan. Air terjun setinggi 20 meter ini dianggap oleh masyarakat sekitar sebagai tempat para bidadari berhenti sejenak.

Suasananya yang masih asri membuat wisatawan betah berada di Air Terjun Putri Palutungan ini. Pemandangannya semakin mengesankan saat hujan, karena sering kali ada pelangi di atas air terjun, sehingga orang-orang dulu percaya bahwa ini adalah pertanda para bidadari turun dari surga.

Tak hanya itu, mitos lain menyebutkan bahwa air Curug Putri sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang khusus pada hari-hari tertentu untuk menikmati manfaat lain dari objek wisata ini.

Selain air terjun, kawasan sekitar Curug Putri juga sering dijadikan sebagai tempat camping. Saat mengunjungi destinasi wisata ini, wisatawan akan disambut oleh pepohonan rindang yang menjulang tinggi.

Air Terjun Putri Palutungan juga memiliki lingkungan yang bersih dan asri ditambah dengan suara air terjun yang dingin dan segar. Air Terjun Putri Palutungan sangat cocok bagi pengunjung yang suka menghabiskan waktu pergi ke tempat wisata bernuansa alam.

Pengunjung perlu membeli tiket untuk menikmati pesona air terjun Putri Patulungan ini. Harga tiketnya Rp 15.000 untuk hari biasa dan Rp 20.000 untuk akhir pekan.

Pengunjung bisa masuk ke Curug Putri dan menikmati fasilitas seperti pemandangan yang indah, bersantai di hammock yang berjejer dan merasakan jernihnya air terjun ini.

2. Pondok Pinus Palutungan

Pengunjung tidak hanya bisa bermain air di air terjun tetapi juga mengunjungi berbagai tempat wisata Palutungan lainnya yaitu Pondok Pinus Palutungan.

Pondok Pinus Palutungan juga menjadi salah satu destinasi terpopuler di kawasan Desa Palutungan. Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari Air Terjun Palutungan.

Pondok Pinus Palutungan Kuningan adalah restoran kontemporer di puncak bukit. Namun, mereka menawarkan berbagai instalasi menarik sebagai spot foto.

Beberapa di antaranya seperti rumah hobbit, sangkar burung, rumah warna-warni, rumah balon dan masih banyak lagi. Menu di tempat wisata ini juga sangat beragam dan cocok untuk anak-anak hingga dewasa.

Beragam menu di tempat ini dibanderol dengan harga antara Rp 5.000 hingga Rp 50.000. Pondok Pinus Palutungan bisa menjadi tempat wisata yang relatif terjangkau bagi pengunjung.

Tiket masuk Pondok Pinus Palutungan adalah Rp 20.000 per orang. Harga sudah termasuk voucher makan. Pengunjung bisa menikmati semua wahana dengan bebas. Pondok Pinus Palutungan buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 7 malam WIB.

3. Mendarat air terjun dan ngarai

Curug dan Jurang Landing akan menjadi tempat wisata di Palutungan selanjutnya. Nama Curug Landing berasal dari bahasa Sunda.

Curug berasal dari dua suku kata yaitu “Cur” yang berarti cair atau air dan kata “Rugu” yang berarti mengalir atau mengalir. Sedangkan kata “landing” berarti panjang atau tinggi. Jadi Curug Landing bisa diartikan sebagai air yang mengalir dari ketinggian.

Curug Landing memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Jalur menuju Air Terjun Landing Palutungan sudah diperbaiki dan cocok untuk kendaraan bermotor.

Selain itu, dekat dengan tempat parkir kendaraan, sehingga pengunjung tidak perlu melakukan perjalanan ke tempat utama. Kelebihan air terjun dari Landing Palutungan ini adalah penuh dengan spot foto instagramable selain jalur yang jelas.

Biaya masuk tempat wisata di Palutungan ini mulai dari Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Sedangkan untuk parkir kendaraan dikenakan biaya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 3.000 untuk mobil. Curug dan Jurang Lade buka dari hari Senin sampai Kamis dan Sabtu sampai Minggu. Pukul 07.00 s/d 17.00 WIB.

Source: katadata.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button