Pemandangan Monumen Nasional PDRI, Pendahuluan Hari Bela Negara - WisataHits
Yogyakarta

Pemandangan Monumen Nasional PDRI, Pendahuluan Hari Bela Negara

KARIANHALUAN.COM – Bagi Anda yang senang belajar sejarah, Anda wajib mengunjungi situs bersejarah Monumen Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Tempat Wisata Monumen Nasional PDRI terletak di Jorong Sungai Siriah, Nagari (desa) Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Baca juga: Berkunjung ke gedung pertemuan PDRI, Audy Joinaldy mengenang sejarah Pejuang Bangsa

Tugu yang dibangun sebagai objek wisata untuk memperingati sejarah bangsa itu didirikan pada 19 Desember 2019 di tempat peletakan batu pertama Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim saat itu, dikutip HarianHaluan.com dari laman Fifty Cities info com.

Monumen Nasional PDRI didirikan untuk mengenang sejarah Republik Indonesia dan mengenang perjuangan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Baca Juga: Terima Kasih Gubernur Sumbar, Ketua MPR Dorong Perpres Pembangunan Tugu Bela Negara

Selain itu, tugu PDRI juga merupakan simbol Hari Bela Negara yang ditetapkan pada 19 Desember, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 28 Tahun 2006.

Pernyataan ini didasarkan pada kisah agresi militer Belanda kedua pada 19 Desember 1948 yang berhasil merebut pusat pemerintahan di Yogyakarta saat itu.

Keberhasilan agresi militer Belanda ditanggapi oleh Presiden Soekarno dengan mengangkat Bapak Syafrudin Prawiranegara untuk membentuk dan memimpin Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button