Kejuaraan nasional bola basket 15 tahun di Pangkalpinang, 16 tim siap bertarung - WisataHits
Jawa Tengah

Kejuaraan nasional bola basket 15 tahun di Pangkalpinang, 16 tim siap bertarung

Kejuaraan nasional bola basket 15 tahun di Pangkalpinang, 16 tim siap bertarung

POSBELITUNG.CO, BANGKA Kejuaraan Nasional Bola Basket (Kejurnas) 15 tahun Pangkalpinang akan dibuka pada Sabtu (1/7/2023). Puluhan tim basket dari berbagai daerah di Indonesia dipastikan akan mengikuti kejuaraan ini.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil mengatakan, sedikitnya 16 tim bola basket siap berlaga di Kejurnas Bola Basket U-15 di Ibu Kota Provinsi Islandia, Bangka Belitung. Ke-16 tim tersebut terdiri dari delapan tim bola basket putra dan delapan tim bola basket putri. “16 tim itu terdiri dari delapan tim putra dan delapan tim putri,” kata Maulan Aklil, Kamis (1/5/2023).

Molen, sapaan Maulan Aklil, mengatakan setidaknya ada sekitar 300 atlet dan ofisial dari berbagai daerah yang akan mengikuti kompetisi basket tahunan tersebut. Sebab, sudah ada sembilan provinsi yang dipastikan menjadi peserta kejuaraan basket nasional U-15 ini.

Masing-masing provinsi yaitu Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali. Kesembilan provinsi ini siap bersaing memperebutkan gelar juara.

Dua tim bermain di setiap wilayah, pria dan wanita. Kedelapan tim putra tersebut terdiri dari provinsi Bangka Belitung, Sumatera Utara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali.

Delapan tim putri itu adalah Bangka Belitung, Sumsel, Sumut, DKI Jakarta, Banten, Bali, Jateng, dan Jatim,” kata Molen.

Di sisi lain, lanjut dia, perlombaan sendiri akan digelar di Arena Olahraga Garis (GOR) Bukit Merapin Nusantara atau BMNL di kawasan Desa Air Salemba, Kecamatan Gabek. Lokasinya juga tidak jauh dari Stadion Depati Amir Pangkalpinang.

GOR terdiri dari unit lapangan basket yang dilapisi karpet kelas dua setebal tujuh milimeter. Dengan kapasitas hingga 800 penonton dan tempat very very important people (VVIP) atau tamu penting sebanyak 40 orang dan fasilitas pendukung lainnya seperti ruang ganti dan toilet. Dimana GOR memenuhi standar nasional yang ditentukan.

“Pertandingan akan berlangsung dari 7 hingga 14 Januari 2023. Nanti juga akan ada promosi dari talenta-talenta muda yang berpotensi menjadi pemain timnas basket Indonesia,” ujarnya.

Meski begitu, Molen berharap kegiatan seperti ini bisa membantu kota Pangkalpinang menjadi nasional. Efek dari diadakannya beberapa event nasional tersebut tentu sangat terasa dan berdampak besar pada kondisi perekonomian di daerah. Khususnya hotel dan restoran serta Marwah Kota Pangkalpinang bisa dilihat.

Selain itu, Pemprov DKI juga menggandeng pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kejuaraan tingkat provinsi. Mereka nantinya akan menggelar bazaar di Stadion Depati Amir. Karena pihaknya ingin mencontoh Provinsi Sumsel.

Mereka sudah bisa berkembang dengan sport tourism atau wisata olahraga beberapa tahun lalu, yakni Asian Games dan Asian Para Games. Karena itu dia ingin menunjukkan bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga bisa.

“Mudah-mudahan menjadi motivasi bagi kita masyarakat Bangka Belitung bahwa kita memiliki potensi di bola basket saat ini,” ujarnya. (Posbelitung.co/Cepi Marlianto)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button