Pelajari sejarah dan budaya Sunda di Museum Sri Baduga Kota Bandung - WisataHits
Jawa Timur

Pelajari sejarah dan budaya Sunda di Museum Sri Baduga Kota Bandung

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Tidak hanya terkenal dengan wisata dan kulinernya saja. Kota Bandung juga terkenal dengan banyak museumnya. Salah satunya adalah Museum Sri Baduga yang terletak di Jalan BKR, persis di seberang Taman Tegallega di Kota Bandung.

Museum Sri Baduga menyimpan peninggalan dari Jawa Barat. Didirikan pada tahun 1974, museum ini berganti nama menjadi Museum Negara Bekal Jawa Barat pada tahun 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Daud Yusuf, inisiasi.

Pada tahun 1990 museum ini berubah nama menjadi Museum Negeri Provinsi Jawa Barat Sri Baduga. Sri Baduga sendiri adalah nama seorang raja besar kerajaan Sunda yang beragama Hindu di Jawa Barat.

Museum-Sri-Baduga-a.jpg

Koleksi di Museum Sri Baduga menampilkan berbagai macam benda bersejarah dan barang antik yang bernilai seni tinggi. Berbagai benda tersebut terdiri dari beberapa koleksi, seperti koleksi arca Megalitik, pakaian adat, rumah, peralatan, permainan dan alat musik tradisional.

“Saya tertarik dengan kereta itu. Saya sangat tertarik dengan para arkeolog,” kata Dela, salah satu pengunjung.

Museum-Sri-Baduga-b.jpg

Hal yang menarik dari arsitektur museum ini adalah bangunannya berbentuk seperti rumah panggung dan suhunan panjang yang menggambarkan rumah khas Jawa Barat. Bagi yang ingin mengunjunginya bisa datang langsung ke Jalan BKR nomor 185, hanya membayar Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Museum Sri Baduga di Kota Bandung buka dari hari Selasa hingga Jumat dari pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Tutup pada hari Sabtu-Minggu 08.00 – 14.00 WIB dan pada hari Senin/libur.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button