Upaya Pemkab Kediri mengembangkan desa wisata diakui Gubernur Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Upaya Pemkab Kediri mengembangkan desa wisata diakui Gubernur Jawa Timur

KOMPAS.com – Komitmen Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Kediri berbasis kearifan lokal melalui optimalisasi desa wisata diakui oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jawa Timur).

Ternyata, dua desa wisata di Kabupaten Kediri yang mengikuti Festival Dewi Cemara di Bendungan Tugu, Kabupaten Trenggalek berhasil meraih penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Bupati yang akrab disapa Mas Dhito ini mengatakan, bantuan ke desa wisata selama ini terus dilakukan. Hal ini sejalan dengan visi dan misinya untuk mengoptimalkan pariwisata berbasis wawasan lokal.

Ia juga berpesan kepada berbagai desa di Kabupaten Kediri untuk terus berinovasi, baik dalam pengembangan daya tarik, pengembangan destinasi wisata maupun pengembangan daya tarik wisata. Dengan cara ini, pariwisata di desa bisa berkelanjutan.

“Karena ekonomi tidak selalu harus tumbuh di kota, tapi juga dari desa. Salah satunya (melalui) pengembangan desa wisata,” kata Mas Dhito dalam siaran pers yang diterima Kompas, Rabu (9/11). 2022).

Kabupaten Kediri, lanjut Mas Dhito, merupakan daerah di Jawa Timur yang kaya akan budaya, seni dan keindahan alam. Menurutnya, hal ini bisa dijadikan modal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan.

Sementara itu, Adi Suwignyo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, mengatakan delegasi Kabupaten Kediri yang hadir dalam Festival Dewi Cemara adalah Desa Wisata Keling, Kecamatan Kepung, dan Desa Wisata Sempu, Kecamatan Ngancar.

“Desa Wisata Keling meraih Best Virtual Tour Operator dan Desa Wisata Sempu meraih Stand Pameran Desa Wisata Terbaik,” ujarnya.

Dalam festival tersebut, Gubernur Jawa Timur Wignyo juga mengapresiasi desa wisata yang terus menampilkan inovasi dalam pengembangan pariwisata.

“Desa Wisata Keling mendapat penghargaan bersama sembilan desa wisata lainnya di Jawa Timur,” ujarnya.

Penghargaan Desa Wisata Jawa Timur di Festival Dewi Cemara 2022Dermaga. Penghargaan Pemerintah Kabupaten Kediri untuk Desa Wisata di Jawa Timur pada Festival Dewi Cemara 2022

Perlu diketahui, sembilan desa wisata yang mendapatkan penghargaan di Festival Dewi Cemara 2022 adalah Desa Wisata Tirta Agung, Kabupaten Bondowoso, Desa Wisata Sendang, Kabupaten Tulungagung, Desa Wisata Klatakan, Kabupaten Situbondo dan Desa Wisata Kuningan, Kabupaten Blitar.

Selain itu Desa Wisata Doudo Kabupaten Gresik, Desa Wisata Durensari, Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Ketapanrame, Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Bunga Sumorobangun. Kabupaten Ponorogo dan Desa Wisata Pandanrejo Kota Batu.

Khofifah menjelaskan, nama Dewi Cemara pada festival yang digelar Rabu (2/11/2022) dan Kamis (3/11/2022) itu merupakan akronim dari Kampung Wisata Rakyat Mandiri Sejahtera Pintar.

“Ini merupakan pengakuan dari Pemprov Jatim atas desa wisata yang telah berhasil mengelola dengan baik dan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Khofifah.

Sementara itu, Manajemen Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Keling Didin Saputro mengaku bersyukur atas penghargaan yang diterima. Ia mengatakan, penghargaan tersebut menjadi penyemangat bagi Desa Wisata Keling untuk terus berinovasi.

Perkembangan Desa Wisata Keling, lanjut Didin, tidak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang terus melakukan pendampingan baik melalui kegiatan edukasi maupun promosi ke luar daerah.

“Sejak awal kami memiliki visi dan misi untuk mengembangkan konsep desa wisata dengan memanfaatkan kearifan lokal yang ada yaitu untuk mengenalkan sejarah, cerita rakyat dan tradisi masyarakat Desa Keling,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button