Pantai Mawi, pantai berpasir putih yang dikelilingi perbukitan hijau di tengah Lombok - WisataHits
wisatahits

Pantai Mawi, pantai berpasir putih yang dikelilingi perbukitan hijau di tengah Lombok

Pantai Mawi, pantai berpasir putih yang dikelilingi perbukitan hijau di tengah Lombok

Pantai Mawi merupakan salah satu tempat wisata bahari di Lombok namun tempatnya masih tersembunyi. Kunjungi sekarang dan lihat keindahannya sendiri!

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 07.00-17.00 WITA, Alamat: Jl. Pantai Mawi, Seulg Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Di Indonesia, daerah yang paling terkenal dengan keindahan pantainya adalah Bali. Namun ternyata ada pulau lain yang pantainya tak kalah indah, yakni Nusa Tenggara Barat. Di Pulau Lombok ini tepatnya terdapat sebuah pantai yang sangat indah memukau yaitu Pantai Mawi. Pantai ini sekarang sudah dikenal baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain keindahan pemandangan alamnya, pantai ini juga dikenal dengan ombaknya yang bergulung. Pantai yang indah ini adalah surga bagi para peselancar, karena ombaknya yang ganas dan cukup sulit ditaklukkan. Saat berkunjung ke sini, wisatawan bisa melihat banyak peselancar handal baik di dalam maupun luar negeri.

Semua berlomba menaklukan ombak Pantai Mawi, Lombok. Harap dicatat bahwa ombak di pantai ini adalah klasik daerah. Saat air laut sedang pasang, gelombang akan datang berupa pasang surut biasa dan batu bara karang. Dan gelombang ini akan meluas dari kiri ke kanan.

Atraksi Pantai Mawi

Objek Wisata Pantai Mawi Lombok TengahFoto oleh Loetfi Ono di Google Maps

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, meski tersembunyi, pantai cantik ini sudah dikenal banyak wisatawan. Hal ini tentunya dikarenakan banyaknya hal menarik yang membuat wisatawan penasaran. Berikut beberapa objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Mawi Kabupaten Lombok Tengah.

✦ Pemandangan pantai pasir putih yang indah

Saat berkunjung ke pantai Lombok tengah ini, hal pertama yang akan Anda lihat adalah hamparan pasir putih. Pantai cantik ini memiliki pasir putih yang bersih dan tampak berkilau di siang hari saat terkena sinar matahari. Pasir disini juga memiliki tekstur yang halus sehingga akan sangat nyaman untuk berjalan di atasnya.

✦ Perbukitan hijau di sekitar pantai

Hal berikutnya yang akan Anda lihat di pantai ini adalah perbukitan hijau yang mengelilinginya. Jadi, meski berada di pantai, wisatawan tidak akan merasakan panas terik. Pepohonan di atas bukit akan membuat udara lebih sejuk dan suasana menjadi lebih sejuk.Wisatawan yang penasaran juga bisa mendaki bukit tersebut.

✦ Surga peselancar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai cantik ini merupakan surganya para peselancar. Ombak di sini dikenal lebih kuat daripada ombak di pantai sekitarnya. Pantai ini juga berhadapan langsung dengan lautan luas Samudera Hindia. Sehingga rasio gelombang yang masuk sangat cocok untuk berselancar.

✦ Pemandangan bebatuan seperti tebing

Di salah satu sisi pantai, di bagian paling ujung terdapat bebatuan lepas, namun ditata dengan baik bahkan terlihat seperti tebing. Dilihat dari kejauhan, bebatuan di ujung pantai ini akan terlihat seperti candi. Dan dimana batu-batu ini juga sering dijadikan spot foto para wisatawan.

✦ Tempat Foto Estetis

Terakhir, dan yang sangat menarik disini adalah banyaknya spot foto yang sangat indah dan estetik. Pemandangan alam pantai ini sangat indah, sehingga hampir semua tempat bisa menjadi spot foto yang indah. Hal ini tentunya sangat digemari oleh wisatawan yang suka berfoto atau mengunggah foto ke jejaring sosial.

Hamparan pasir putih, bukit-bukit hijau nan asri serta bebatuan yang menyerupai candi, tentu saja hal-hal tersebut sangat menyenangkan untuk dipandang. Selain itu yang tak kalah menarik adalah ombak pantai ini yang dikenal sangat sulit bagi para peselancar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Mawi Lombok TengahFoto oleh Merlyn Three Putri di Google Maps

Pantai Mawi yang indah ini terletak di desa Seulg Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sini hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Karena sampai saat ini belum ada angkutan umum yang melintasi pantai ini.

Untuk rutenya, jarak dari pantai ke Bandara Internasional Lombok kurang lebih 28 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 54 menit. Dari bandara, wisatawan bisa melewati jalan pintas dan kemudian menemukan Jalan Raya Mandalika. Setelah itu dilanjutkan ke Jalanselong Belanak, dilanjutkan ke Jalan Mawun dan kemudian wisatawan akan sampai di Jalan Pantai Mawi.

Harga tiket masuk dan jam buka

Untuk biaya masuk, wisatawan tidak perlu menyiapkan uang terlalu banyak. Karena biaya masuk ke Pantai Mawi hanya Rp 5.000 untuk seorang turis. Selain itu, wisatawan hanya perlu menyiapkan biaya parkir. Untuk motor Rp 10.000 sedangkan untuk mobil Rp 20.000, cukup terjangkau bukan.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Pantai Tengah Lombok MawiFoto oleh Gabor Kristofcsak di Google Maps

Saat akan mengunjungi wisata bahari seperti pantai, biasanya wisatawan bertanya-tanya hal menarik apa saja yang bisa dilakukan di sana. Saat berada di Pantai Mawi banyak sekali kegiatan yang sangat seru sehingga waktu tidak akan terasa dan akan habis. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai cantik ini.

1. Nikmati pemandangan dan tunggu matahari terbenam

Kegiatan menarik pertama yang dilakukan di Pantai Mawi adalah menikmati pemandangan dan menunggu matahari terbenam. Pasalnya, panorama sunset di pantai ini dikenal sangat indah. Langit berwarna jingga dan air laut berwarna keemasan karena pantulan sinar matahari.

2. Berselancar di Pantai Mawi

Karena Pantai Mawi dikenal sebagai surganya para peselancar, tentu kegiatan yang menarik untuk dilakukan di sini adalah berselancar. Rasakan serunya berselancar dengan ombak kuat yang sulit ditaklukkan. Waktu terbaik untuk berselancar di sini adalah dari Mei hingga Oktober.

3. Mendaki

Kegiatan terakhir dan tak kalah menarik untuk dilakukan di pantai cantik ini adalah mendaki bukit. Di sekitar pantai terdapat perbukitan dan bisa didaki oleh wisatawan yang penasaran. Dan pemandangan pantai juga akan semakin indah jika dilihat dari atas bukit.

Mengunjungi pantai ini dalam satu hari tentu saja tidak cukup. Karena ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama berada di sini. Mulailah dengan menikmati pemandangan dan menunggu matahari terbenam, berselancar, mendaki bukit.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Tengah Lombok MawiFoto Danang Priambodo di Google Maps

Bisa dikatakan fasilitas yang tersedia untuk wisata Pantai Mawi belum lengkap. Hal ini disebabkan akses menuju pantai yang masih cukup sulit. Beberapa fasilitas yang sudah tersedia antara lain tempat parkir, toilet, mushola, serta warung makan dan minum yang menawarkan menu yang berbeda.

Selain itu di sekitar pantai ini juga tersedia penginapan yang cukup nyaman. Tersedia beberapa jenis penginapan, antara lain hotel, villa dan resor. wisatawan dapat memilih salah satu hostel tergantung biaya.

Pantai Mawi merupakan salah satu tempat wisata bahari di Lombok yang sangat menarik dan wajib dikunjungi. Untuk menikmati keindahan alam ini, wisatawan cukup membayar tiket masuk yang sangat murah. Berada di sini selama beberapa hari akan menyegarkan tubuh dan pikiran Anda serta mengurangi stres.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button