6 tips menghindari pencurian motor - WisataHits
Jawa Barat

6 tips menghindari pencurian motor

GUGUS KALIMAT Pemilik sepeda motor pasti ingin sepedanya aman dan terhindar dari resiko pencurian. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini marak terjadi pencurian, terutama pada sepeda motor. Maka dari itu untuk menjaga keamanan sepeda motor kita harus mengetahui tips atau tips keselamatan.

Baca juga: Penghargaan GridOto, Tiga Mesin Sport Yamaha Raih Penghargaan Terbaik

Ada banyak cara untuk mengamankan sepeda motor kita, dari yang sederhana sampai yang rumit. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pencurian sepeda motor yang tentunya sangat merugikan baik dari segi bahan maupun waktu.

Berikut beberapa tips anti maling sepeda motor yang bisa dengan mudah diterapkan.

1. Gunakan fitur keamanan tambahan, karena semua tingkat keamanan sepeda motor pasti ada peluang untuk ditembus. Tetap gunakan kunci ganda di area lain seperti kunci disk, alarm, dan perangkat lain

2. Jangan memarkir sepeda motor sembarangan karena sepeda motor yang paling rawan pencurian adalah yang diparkir di luar pagar. Apalagi di daerah padat penduduk yang biasanya penduduknya kurang peka terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya.

3. Perhatikan keamanan, walaupun tidak menjamin keamanan 100%, usahakan selalu motor dalam keadaan stang terkunci. Selain itu, bisa juga dipasangkan dengan gembok untuk roda atau rem cakram. Paling tidak, pencuri akan berpikir dua kali sebelum melakukan kejahatannya. Untuk memaksimalkan keamanan, kunci setang ke kanan. Meski tidak sepenuhnya bisa dicegah, setidaknya bisa mempersulit usaha si pencuri. Mengunci setang ke kanan tidak menyisakan banyak ruang bagi pencuri untuk masuk.

4. Penambahan alarm yang masih menjadi indikator kuat adanya pencurian. Jika motor secara tidak sengaja atau sengaja disentuh maka motor akan mengeluarkan sinyal dan alarm yang keras, yang tentunya akan membuat pencuri panik dan memberikan peluang bagi pencuri untuk tertangkap.

5. Jika sepeda motor didiamkan dalam waktu lama karena perjalanan jauh, dapat menyebabkan kendornya beberapa komponen penggerak roda sepeda motor yang vital. Misalnya melepas busi, ban atau yang lainnya. Jika sudah dilepas, taruh di tempat yang berbeda, terpisah dari mesin.

6. Gunakan sistem pengapian tanpa kunci sekarang wajib pada sepeda motor baru. Sistem ini sangat berguna untuk melindungi sepeda motor dari pencuri karena tidak memiliki lubang kunci dan starter tidak akan bekerja jika jarak remote control lebih dari 1 meter dari kunci sehingga menyulitkan pencuri untuk menghidupkan sepeda motor.

Walaupun tidak semua sepeda motor memiliki fitur ini, saat membeli sepeda motor baru pastikan sepeda motor tersebut sudah memiliki fitur ini karena sangat berguna untuk melindungi sepeda motor dari pencuri.

Seperti Yamaha FreeGo 125 Connected, salah satu lini produk Yamaha generasi ke-125 yang memiliki fitur Smart Key System (keyless) yang dilengkapi dengan fungsi Answer Back System untuk membantu pengendara menemukan posisi tempat parkir motor yang memudahkan. Agar lebih nyaman dan aman saat berkendara bersama keluarga di tempat wisata atau keramaian.

Baca Juga: Yamaha FreeGo 125 Connected Hadir Lebih Dekat dengan Konsumen di Seluruh Indonesia

Chief Coordinator Yamaha DDS Jabodetabek Frengky Rusli mengatakan, Yamaha FreeGo 125 Connected memiliki segudang fitur unggulan untuk memenuhi segala kebutuhan keluarga.

“Selain fungsi Smart Key System (keyless) yang membuat berkendara semakin nyaman dan aman, FreeGo juga dapat terhubung dengan smartphone untuk memantau penggunaan berkendara sehari-hari dan memudahkan konsumen mengetahui status motor secara digital di waktu nyata, seperti “Misalnya, pembaruan notifikasi telepon dan pesan, penghematan bahan bakar, rekomendasi servis dan pengingat waktu servis, lokasi dealer, detail mengemudi, dan tempat parkir,” jelasnya. (*/adv)

Penerbit: Yusuf

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button