Pelajari budaya Sunda di Museum Sri Baduga Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Pelajari budaya Sunda di Museum Sri Baduga Bandung

PITA – Bandung tidak hanya terkenal dengan wisata dan kulinernya saja. Sebagai ibu kota Jawa Barat, Bandung juga memiliki banyak museum, termasuk Museum Sri Baduga.

Terletak di Jalan BKR, tepat di seberang Taman Tegallega, Museum Sri Baduga Bandung menyimpan berbagai peninggalan sejarah di Jawa Barat.

Museum yang dibangun sekitar tahun 1974 ini didirikan pada tahun 1980 dengan nama Museum Negara Pemberdayaan Jawa Barat oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Daud Yusuf, inisiasi.

Pada tahun 1990 museum ini berubah nama menjadi Museum Negeri Provinsi Jawa Barat Sri Baduga.

Sri Baduga adalah nama raja besar kerajaan Sunda yang beragama Hindu di Jawa Barat.

Koleksi di Museum Sri Baduga menampilkan berbagai macam benda bersejarah dan barang antik yang bernilai seni tinggi.

Berbagai benda tersebut terdiri dari beberapa koleksi, seperti B. Koleksi arca dari Zaman Megalitikum, pakaian adat, rumah, peralatan, permainan dan alat musik tradisional.

Hal yang menarik dari arsitektur museum ini adalah bangunannya berbentuk seperti rumah panggung dan suhunan panjang yang menggambarkan rumah khas Jawa Barat.

Bagi yang ingin mengunjunginya bisa datang langsung ke Jalan BKR nomor 185, hanya membayar Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Museum Sri Baduga buka dari hari Selasa hingga Jumat dari pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Tutup pada hari Sabtu-Minggu pada pukul 08.00 – 14.00 WIB dan pada hari Senin dan hari libur nasional.

“Saya tertarik dengan kereta itu. Saya sangat tertarik dengan para arkeolog,” kata Dela, salah satu pengunjung.

Source: inisumedang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button