Simak Yuk Lur Pasar Keroncong Kotagede yang berlangsung pada Sabtu 3 Desember 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Simak Yuk Lur Pasar Keroncong Kotagede yang berlangsung pada Sabtu 3 Desember 2022

Simak Yuk Lur Pasar Keroncong Kotagede yang berlangsung pada Sabtu 3 Desember 2022

Yoga – Setelah libur nasional tahun 2020 dan event online tahun 2021, festival musik tahunan Pasar Keroncong Kotagede akan kembali digelar secara offline pada Sabtu 3 Desember 2022.

Ketua Panitia Pasar Keroncong (PKK) Kotagede 2022, M. Natsir atau kerap disapa Dabey mengatakan, penampilan PKK kali ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk mengantisipasi cuaca dan ketidaknyamanan pengunjung serta bercermin pada pengalaman beberapa tahun terakhir, kami menggelar Pasar Keroncong Kotagede indoor dengan konsep duduk di lantai. Ini akan memberi semangat pada gedung ini,” ujarnya.

“Kami juga menyediakan tenda untuk penonton, kalau mau duduk di tanah dipersilakan. Karena esensi musik keroncong adalah tuning, kita menyelaraskan hati dan pikiran kita,” tambah Dabey kepada media di Balai Kajengan (12/1/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, pementasan di Pasar Keroncong sangat berbeda dengan pementasan Ngayogjazz yang digelar di pedesaan.

“Pasar Keroncong letaknya di tengah kota padat penduduk dan banyak gang-gang kecil, bisa dibilang banyak jalan menuju satu titik. Pasar Keroncong yang unik karena lahirnya Keroncong di Indonesia juga menjadikan PKK ini sebagai tesis bagi warga Koragede, apakah mereka bersedia menerima wisatawan yang akan datang atau tidak. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, ekosistem harus siap dan harus ada komitmen. Acara ini tidak hanya menjadi ajang temu para musisi keroncong dan penikmat keroncong, tetapi juga para pelaku UKM dan wisatawan. Perputaran uang harus meningkat, masyarakat diuntungkan agar Keroncong Kotagede terus berkembang,” jelas Singgih.

Tahun ini Pasar Keroncong Kotagede akan diselenggarakan di 2 pendopo di sekitar Pasar Kotagede, yaitu Pendopo Sopingen dan Pendopo Kajengan.

Menampilkan 14 Orkestra Keroncong dari Kotagede dan daerah lainnya antara lain OK Kharisma, Orkestra Keroncong Sarlegi, OK Sakpenake, Los Fugos, OK Horockoncong, D’jancuk, OK YnY, Kaum Muda, Pesona Irama, Lintang Kanistha, OK Gita Bahana, Sisi X juga bintang tamu Hannah Marie Standiford dan Podhang Mas.

Dengan slogan “Keroncong hati yang pemurah”, PKK tahun ini diharapkan dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang akan terus mengunjungi kota Yogyakarta.

Pasar Keroncong menjadi pintu bagi pengunjung untuk menjelajahi kawasan wisata dan budaya yang ada di Kotagede seperti situs sejarah Mataram, rumah adat dan wisata kuliner khas Kotagede seperti Kipo, Waru Roti Kembang, Yangko dan lain-lain.

Pasar Keroncong Kotagede bukan sekedar tempat pertunjukan atau tontonan musik keroncong, melainkan tempat para seniman keroncong dan penikmat keroncong bertemu dan mengajarkan anak-anak dan generasi muda tentang tata krama musik keroncong. (kn)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button