Pasar Blumbang diapresiasi Dekranasda Kabupaten Bantul - WisataHits
Yogyakarta

Pasar Blumbang diapresiasi Dekranasda Kabupaten Bantul

Pasar Blumbang diapresiasi Dekranasda Kabupaten Bantul

VARTADIY.com, YOGYA – Pasar Blumbang #2 yang digelar di tambak Dusun Grojogan Wirokerten Banguntapan Bantul pada Minggu, 8 Januari 2023 menampilkan produk Indonesia berupa hidangan kuno. Disusul 41 Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan motto “Pasar Tanpa Plastik Menuju Bantul 2025 Bebas Sampah”.

Pasar Blumbang diprakarsai oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wira Jaya Desa Wirokerten bersama tim ITV UMY. Pasar kedua di Blumbang ini juga dihadiri Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Bantul Hj Emi Masruroh Halim SPd dan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul Drs Agus Sulistiyana MM mewakili instansi terkait.

Dalam sehari, kegiatan ini berhasil mengedarkan uang hasil jual beli masyarakat sekitar Rp 15 juta. Terbukti menjual 3.000 koin untuk Pasar Blumbang #2 sebagai pembayaran (satu koin adalah Rp 5.000). Realitas ini diakui Dekranasda Bantul, dinas terkait serta tamu undangan yang berkunjung ke Pasar Blumbang #2.

Baca Juga: Pasar Mblumbang Digelar di HUT ke-73 Desa Wirokerten Banguntapan Bantul

Baca Juga: Cerita Reboeng LSS Bikin Anak Gembira

Baca Juga:Dandu Albriyand Memulai Tour Show 2023 di Yogyakarta

“Saya sangat mendukung kegiatan pasar blumbang ini karena berdampak positif terhadap produktifitas kegiatan perekonomian di Desa Wirokerten. Pasar Blumbang dapat dijadikan sebagai kegiatan kerjasama, baik oleh pelaku UMKM maupun objek yang menjadi objek wisata Desa Wirokerten. Kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang sesuai dengan harapan masyarakat,” kata Emi Masruroh.

Agus Sulistiyana mengajak masyarakat Wirokerten untuk mengoptimalkan potensi yang ada. “Kami sebagai pemerintah daerah percaya bahwa kegiatan yang tumbuh dari masyarakat akan lebih cepat berkembang. Ini tentunya harus melengkapi ekosistem yang ada, terutama sinergi komunitas itu sendiri,” komentar Agus Sulistiyana.

Pasar Blumbang #2 mulai jam 6 pagi WIB dengan warung-warung UKM yang menjajakan makanan jadul. Kemudian Brigada Wiromanggala Grojogan didampingi para tamu undangan memasuki wilayah pasar Blumbang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button