7 oleh-oleh khas Bondowoso - WisataHits
Yogyakarta

7 oleh-oleh khas Bondowoso

Kabupaten Bondowoso merupakan daerah berbentuk tapal kuda di Jawa Timur yang menawarkan berbagai tempat wisata yang menawan. Namun, berwisata ke Bondowoso tidak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Bondowoso memiliki banyak olahan kuliner hingga kerajinan tangan unik yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Harganya juga sangat terjangkau lho! Itu tidak akan menguras kantong.

Berikut 7 rekomendasi oleh-oleh khas Bondowoso yang tidak boleh dilewatkan di tas belanja Anda!

1. Pita Manis Bondowoso

7 oleh-oleh khas Bondowoso, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan yang unikPita lucu Bondowoso (instagram.com/bondowoso_explore)

Bondowoso dikenal sebagai kota ikatan. Band sendiri merupakan olahan kuliner berbahan dasar singkong, yang kemudian diolah melalui fermentasi. Karena diolah menggunakan proses fermentasi, pita seringkali terasa asam. Tapi jangan khawatir, tape khas Bondowoso ini memiliki rasa yang manis dan asli lho! Teksturnya juga lembut, lumer saat digigit.

Baca Juga: Kawah Wurung Bondowoso: Informasi Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

2. Pita pita

7 oleh-oleh khas Bondowoso, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan yang unikPia Tape (instagram.com/taphandayani82bondowoso)

Mendengar Pia Snacks, daerah Yogyakarta langsung terbayang. Jangan salah, ternyata Bondowoso juga punya jajanan khas Pia, yaitu Pia Tape.

Bentuk Pia Tape di Bondowoso dan Pia di Yogyakarta sedikit berbeda. Pia tape khas Bondowoso lebih mirip bola-bola pisang. Kulit pia yang gurih dan manis dipadukan dengan isian tape yang lembut menjadi kombinasi yang sempurna. Parutan keju panggang juga ditaburkan di atas kulit Pia, menambah kenikmatannya!

3.Prol Pita

7 oleh-oleh khas Bondowoso, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan yang unikProl Tape (instagram.com/tapehandayani82bondowoso)

Masih tentang olahan pita, Bondowoso juga punya dapur pita yang lebih modern lho. Prol Tape adalah inovasi untuk orang yang ingin mencoba tape tapi tidak terlalu suka teksturnya.

Prol Tape memiliki bentuk dan tekstur yang menyerupai kue bolu. Prol Tape dibuat dengan cara membentuk loyang segi empat kemudian ditaburi dengan berbagai topping. Seperti kismis, keju, parutan coklat dan aneka buah kering. Rasa Prol Tape manis dan asli. Sangat cocok untuk kue antusiast dan pecinta makanan manis, di sini!

4. Kopi Bondowoso

7 oleh-oleh khas Bondowoso, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan yang unikKopi Bondowoso (instagram.com/beskabean)

Pada zaman dahulu, Bondowoso menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di pulau Jawa dan dijuluki Republik Kopi Bondowoso. Ternyata masih ada sampai sekarang. Kopi khas Bondowoso selalu menjadi incaran wisatawan saat berkunjung.

Tanaman kopi di Bondowoso banyak ditanam di lereng Gunung Ijen Raung yang tanahnya subur. Kopi juga diolah dengan campuran rempah-rempah pilihan. Sehingga kopi Bondowoso terasa nikmat dan harum saat diseduh. Favorit wisatawan adalah kopi Arabika dan Robusta.

5. Suwar vertebra

7 oleh-oleh khas Bondowoso, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan yang unikSuwar-suwir (instagram.com/lokalkaryadotcom)

Jangan tertipu! Meski terlihat seperti orang tolol, ternyata potongan-potongan itu terbuat dari lakban, lho! Suwar-suwir juga dikenal sebagai Band Gula.

Camilan ini hadir dalam berbagai rasa antara lain sirsak, nangka, durian, nanas, cokelat, dan kacang hijau. Suwar-suwir memiliki rasa yang manis. Selain rasanya yang enak, banyak orang, terutama anak-anak, juga menyukai tampilan schnitzel yang berwarna-warni.

6. Batik Sumbersani

7 oleh-oleh khas Bondowoso, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan yang unikSumbersani Batik (instagram.com/febrianisoesanto)

Beralih ke batik, ternyata Bondowoso memiliki sentra kerajinan batik yang unik, salah satunya Batik Sumbersani.

Selama pembuatan, motif ditulis dengan canting. Kemudian pengrajin menggunakan daun untuk membuat motif lainnya. Motif batik unik dibuat dengan mencetak daun langsung ke kain

7. Suvenir bambu

7 oleh-oleh khas Bondowoso, mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan yang unikSouvenir bambu (instagram.com/flodista.gallery)

Suvenir bambu ini wajib dimiliki oleh para pecinta dan kolektor barang unik. Souvenir bambu ini bermacam-macam bentuknya mulai dari hiasan ruangan, asesoris, dekorasi rumah hingga kerajinan terapan yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Seperti kursi dan meja rotan.

Oleh-oleh dari bambu ini mudah ditemukan di semua sentra kerajinan di Bondowoso.

Itulah 7 rekomendasi oleh-oleh khas Bondowoso. jangan lupa beli ya

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Alam Terindah Di Bondowoso

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jatim.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button