Parade Surabaya adu jotos kembali digelar, mulai dari teater hingga menunggang kuda sepanjang rute menuju Balai Kota - WisataHits
Jawa Timur

Parade Surabaya adu jotos kembali digelar, mulai dari teater hingga menunggang kuda sepanjang rute menuju Balai Kota

TRIBUNJATIMTRAVEL.COM, SURABAYA – Parade Juang Surabaya akan berlangsung pada Minggu (11/6/2022).

Pada Parade Juang Surabaya, Walikota Surabaya Eri Cahyadi akan menunggang kuda di sepanjang rute bersama petugas dari sekitar Forkopimda.

Parade Juang Surabaya merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November. Pada 10 November 1945, setelah istirahat dua tahun, pertunjukan teater tentang sejarah pertempuran mengambil rute bersejarah.

Rencananya rombongan akan memulai perjalanan di Monumen Tugu Pahlawan dan berakhir di Balai Kota Surabaya.

Jalur pengawalan Surabaya Juang Parade melewati Jalan Pahlawan, Jalan Kramat Hang, Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Yos Sudarso, Jalan Kejaksaan Agung Suprapto dan berakhir di Balai Kota Surabaya.

Kementerian Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya mengatakan akan ada pertunjukan teater di beberapa tempat. Termasuk di depan Gedung Siola di Jalan Tunjungan, di depan Hotel Majapahit, di depan Grhadi State Building di Jalan Gubernur Suryo dan berakhir di Halaman Balai Kota Surabaya.

“Penampil yang mengikuti kegiatan ini juga beragam, seperti drum band, puluhan komunitas hingga ratusan masyarakat umum,” kata Herry Purwadi, Kepala Dinas Kebudayaan Disbudporapar Kota Surabaya.

Nantinya, 100 penonton akan menghadiri pertunjukan Surabaya Juang Parade. “Kami buka pendaftaran, lalu 290 terdaftar,” katanya.

“Tapi karena alasan ruang dan waktu, kami membatasi 100 orang. Oleh karena itu, kami ingin mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Parade Juang Surabaya,” ujarnya.

Menariknya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi akan menunggang kuda bersama Forkopimda Kota Surabaya. Ini adalah pertama kalinya seorang walikota menunggang kuda di acara ini.

Baca Juga: Mahasiswa Petra UK Tjio Ryoko Aristo Kurnia Jadi Duta Wisata Kaltim 2022

Kemudian Ketua Tim Mobilisasi (TP) PKK Kota Surabaya dan istri dari Forkopimda akan mengendarai mobil Jeep Willys. “Akan didahului dengan pertunjukan teatrikal oleh Rooderbrug Surabaya dan juga Renactor Indonesia,” ujarnya.

Para veteran akan menyerahkan bendera merah putih kepada Cak Eri untuk diserahkan kepada Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kota Surabaya. Ini menandai dimulainya pertunjukan teater Parade Surabaya Juang 2022.

“Paskibraka Kota Surabaya yang berjumlah 100 orang akan menandai dibukanya Parade Juang Surabaya,” ujarnya.

Kemudian Cak Eri akan membacakan puisi karya KH di depan Hotel Majapahit. Mustofa Bisri. “Kuda akan diparkir di Jalan Kenari, kemudian mereka akan berjalan menuju objek wisata untuk menghormati Merah Putih dilanjutkan dengan pembacaan puisi. Kemudian dia menunggang kudanya kembali ke Jalan Gubernur Suryo,” jelasnya.

Sementara itu, Cak Eri Cahyadi akan membacakan pidato Gubernur Ario Soerjo di depan Gedung Negara Grhadi yang terletak di Jalan Gubernur Suryo Kota Surabaya.

Walikota Eri Cahyadi kembali ke Balai Kota Surabaya bersama Forkopimda dengan menunggang kuda. (Grup bob-TribunJatimTravel.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button